Helo Timor Leste

Berbekal Cerdas, Bukan SH, Pengacara Palsu Memenangkan 26 Perkara di Pengadilan

Ugu - Ragam
Senin, 6 May 2024 10:48
    Bagikan  
Brian Mwenda Njagi
Istimewa

Brian Mwenda Njagi - Brian Mwenda Njagi orang cerdas

Helotimorleste- Baru-baru ini, seorang pria Kenya tertangkap karena berpura-pura menjadi pengacara, bahkan tanpa memiliki latar belakang pendidikan hukum yang resmi, Ia berhasil menangani 26 klien dalam 26 kasus yang berbeda dan memenangkan semuanya.

Pria tersebut, Brian Mwenda Njagi, mendapat julukan 'Mike Ross di dunia nyata', yang merupakan referensi dari karakter cerdas dalam serial televisi 'Suits'. Karakter ini dikenal karena bekerja di sebuah firma hukum ternama tanpa memiliki pendidikan hukum formal.

  • Mike Ross adalah karakter fiksi dari serial drama hukum Amerika Suits. Diperankan oleh aktor Patrick J. Adams, Mike adalah seorang pemuda dengan ingatan fotografis yang menjadi pengacara sukses di sebuah firma hukum bergengsi meski tidak pernah bersekolah di sekolah hukum.

Mwenda menunjukkan kemampuannya dengan mewakili klien di depan hakim Pengadilan Tinggi dalam 26 kasus yang berbeda, dan ia memenangkan setiap kasus tersebut.

Baca juga: Roberto Mancini Puji Marcelino Ferdinan, Bisa Main di Italia, Dengarlah Netizen dan Erick Thohir

Tak satu pun hakim yang ia hadapi merasa curiga bahwa ia bukanlah pengacara yang sebenarnya. Masyarakat Hukum Kenya (LSK) mulai mencurigai setelah seorang pengacara bernama Brian Mwenda *Ntwiga* (perhatikan nama mirip) mengadu tidak bisa mengakses akunnya.

LSK mengungkapkan dalam siaran pers bahwa pada tanggal 5 Agustus 2022, Brian Mwenda Ntwiga diakui sebagai anggota bar dan alamat email yang benar telah dibuat untuknya. Namun, Ntwiga kesulitan untuk membuka akun profilenya karena sudah ada yang menggunakannya.

Baca juga: Puluhan Kali Telpon Pasangan, Bukan Ingin Melacak, Itu Gangguan Mental Otak Cinta

Hingga pada bulan September, setelah Ntwiga menghubungi LSK dan penyelidikan internal, terungkap bahwa ada orang lain yang telah menggunakan akunnya, yaitu Brian Mwenda Njagi. Orang ini telah mengubah foto profil dan mengajukan sertifikat praktik hukum setelah mendapatkan akses ke sistem.

Tim Aksi Cepat LSK Nairobi menangkap Brian Mwenda Njagi atas tuduhan menyamar sebagai pengacara, namun hingga kini belum diadili

Kisahnya telah menarik perhatian banyak orang, termasuk seorang taipan Kenya yang terkesan dengan prestasinya di pengadilan dan menawarkan untuk membayar uang jaminannya.***