Helo Timor Leste

Rabu, 24 Jan 2024 14:19
Komunikasi
pexels.com

Komunikasi - Komunikasi antartanaman rumit dan sulit diamati

HELOINDONESIA.COM - ilmuwan Jepang telah berhasil memfilmkan tanaman berkomunikasi dan memperingatkan tanaman lain tentang potensi bahaya secara real-time, membuat terobosan dalam pengamatan yang pertama kali didokumentasikan pada awal tahun 1980an.

Diterbitkan di jurnal Nature Communications pada bulan Oktober 2023, tim peneliti, yang dipimpin oleh ahli biologi molekuler Masatsugu Toyota dari Universitas Saitama Jepang, berhasil menangkap tanaman yang tidak rusak dan mengirimkan respons pertahanan ke tanaman di dekatnya setelah merasakan senyawa organik yang mudah menguap (VOC), yang diproduksi oleh tanaman lain sebagai respons terhadap kerusakan mekanis atau serangan serangga.

Tim yang terdiri dari Yuri Aratani, seorang Ph.D. mahasiswa di universitas tersebut, dan Takuya Uemura, seorang peneliti pascadoktoral, memasang pompa udara ke wadah berisi daun dan ulat bulu, serta ke ruangan lain yang berisi Arabidopsis thaliana, gulma umum dari keluarga mustard.