Helo Timor Leste

Selama Tahun 2023 Kementerian Pertanian Timor Leste Produksi Bibit Cendana Sebanayak 600 Ribu Pohon

Dodo Hawe - Ekonomi
Kamis, 11 Jan 2024 09:42
    Bagikan  
BIBIT CENDANA
tatoli

BIBIT CENDANA - Kementerian Pertanian dan Perkebunan Timor Leste akan terus memproduksi bibit cendana

HELOINDONESIA.COM - Kementerian Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan berhasil memproduksi bibit pohon cendana sebanyak 600.000 pada tahun 2023.

Hal itu diungkapkan Direktur Nasional Pengelolaan Perhutan Kawasan Aliran Sungai dan Mangrove, Adalfredo do Rosário Ferreira yang merencankan akan memproduksi 1 juta per tahun.

"Rencana pemerintah setiap tahun memproduksi bibit cendana sekitar 1 juta, tetapi kita tidak bisa mencapai hal tersebut karena kekurangan anggaran," ujar Adalfredo seperti dilansir kantor berita Tatoli, Senin (8/1/2024) lalu.

Baca juga: Program Pengembangan Pohon Cendana di Timor Leste Seperti ini, Targetkan Seribu Hektar Tahun ini

Dikatakan Adalfredo untuk tahun 2023 pihaknya hanya mampu memproduksi bibit pohon cendana 600.000 bibit pohon cendana dan 300.000 pohon sudah ditanam.

Diimformasikan jika pada tahun ini anggaran untuk Sekretariat Negara urusan Kehutanan (SEF) khususnya pada untuk barang dan jasa hanya berjumlah $400.000.

Sehingga target untuk pembibitan bibit pohon cendana hanya bisa mencapai 250.000 hinga 300.000 bibit pohon.

Baca juga: Timor Dikenal karena Harum Pohon Cendana yang Sudah Musnah di Dunia, Tersisa di Timor Leste

Adalfredo menjelaskan jika tempat produksi sendiri berasal dari berbagai pusat pembibitan di kotamadya Maubara Liquiça, Manufahi, Viqueque dan Lautém.

Selain itu adapun pembibitan yang dilakukan sendiri oleh masyarakat yang terdiri dari delapan kelompok di Aileu, Ainaro, Baucau, Bobonaro, Cavalima, Manatuto dan Ermera.

Baca juga: Alasan Kopi Timor Leste Tetap Paling Enak di Dunia, Meskipun Bijinya Dicuri Negara Lain

"Pusat pembibitan ini yang menjadi modal kita untuk memproduksi bibit pohon dan lalu didistribusikan pada masyarakat dan pemerintah menanam sebagai investasi," ucapnya.

Saat ini pemerintah aktif membagikan bibit pohon pada masyarakat sesuai permintaan mulai dari bibit pohon cendana, pisang, nangka, sirsak, rambutan, kakao, vanili, mahoni, sengon, beringin, cemara, flamboyan, jati dan lainnya di berbagai kotamadya tetapi tidak termasuk Oe-cusse.

Baca juga: 6 Trik yang Digunakan Pakar Kopi Untuk Menghentikan Efek Buruk Kafein dengan Cepat

Pemerintah sendiri telah melakukan investasi pada pohon cendana di Atabae (Bobonaro) dengan luas tanah 150 hektar sejak 2020, di Zulo (Covalima) dengn 100 hektar tanah, Viqueque dengan 100 hektar. **