Helo Timor Leste

Gali Freitas Catatkan Pemain Asing ASEAN Paling Bersinar di Pekan Pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Rabu, 5 Jul 2023 16:40
    Bagikan  
CETAK GOL
instagram @psisofficial

CETAK GOL - Pemain PSIS Semarang asal Timor Leste yang berhasil mencetak satu gol di laga perdana PSIS vs Bhayangkara FC.

HELOTIMORLESTE.COM - Pemain asal klub Karketu Dili FC Timor Leste, Gali Freitas mencatatkan diri sebagai pemain paling bersinar untuk pemain Asing negara ASEAN pada laga pekan 1 Liga 2023/2024.

Pasalnya dalam laga pekan 1 Liga 2023/2024 ini belum ada satupun pemain asing asal negara ASEAN yang berhasil menorehkan gol ke gawang lawan.

Satu-satunya pemain asing asal negara ASEAN adalah Paulo Gali Freitas yang mampu menunjukkan prestasinya pada kompetisi pekan pertama musim ini.

Namun demikian pemain asal ASEAN yang cukup impresif adalah Song Ui-yong, namun sayangnya pemain Persebaya ini, belum behasil mencetak gol pada pekan ini.

Meski demikian gelandang asing Persebaya asal Singapura ini mampu memberikan assist, saat timnya memenangi laga melawan Persis Solo dengan skor 3-2.

Baca juga: Begini Komentar Gali Freitas, Terkait Laga Perdananya Bersama PSIS Semarang

Sementara pemain kelahiran 31 Desember 2004, memberikan kontribusi satu gol terhadap klubnya PSIS Semarang mengukir statusnya sebagai pemain mentereng dan paling bersinar pada laga pekan 1 Liga 1 2023/2024 ini.

Di laga perdana Liga 1 2023/20204 PSIS Semarang behasil mengalahkan Bhayangkara FC dengan skor mantap 3-1, salah satu gol diciptakan oleh Gali Freitas.

Putra ke-5 pesepakbola wanita Timor Leste, Ana Maria Martins ini, namanya tercatat di papan skor stadion pada menit ke-90+3, yang sukses mamaksimalkan serangan balik cepat yang diinisiasi Taisei Marukawa.

Kontribusi pria kelahiran Dili, Timor Leste ini cukup istimewa, ia sukses membayar lunas kepercayaan pelatih PSIS Semarang, Guilherme Carvalho dos Santos.

Dalam laga itu menurut catatan statistik, Gali Freitas mencatatkan waktu bermainnya selama 26 menit, dan berhasil menciptakan satu peluang dengan baik.

Baca juga: Gali Freitas Dipasang Saat PSIS Semarang Menghadapi Phnom Penh Crown, Berakhir Sama Kuat

Sosok Gali Freitas
Terlepas dari sosok kontroversial dari pemain asal Timor Leste bernama lengkap, Paulo Domingos Gali da Costa Freitas alias Gali Freitas.

Gali Freitas mengawali karier sepakbola di Timor Leste sejak menjadi di Youth Center FFTL pada tahun 2011 lalu.

Pelajar SMA Katolik di Kota Dili Timor Leste ini mengaku sejak itu, ingin menunjukkan permainan yang baik, sehingga membawa nama baik sepakbola Timor Leste ke ajang dunia internasional.

Pepatah mengatakan, Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya --itulah yang dialami putra pasangan Joao da Costa Freitas dan Ana Maria Martins Nascimento ini.

Bakat Gali Freitas sepertinya karena faktor genetik dari sang ibu Ana Maria Martins adalah seorang pemain sepak bola wanita yang mengangkat putranya menjadi bintang di Timor Leste.

Baca juga: Kapan Gali Freitas Dimainkan PSIS Semarang, Berikut Jadwalnya dan Jadwal Lengkap Liga 1 2023/2024

Gali Freitas adalah anak ke lima dari enam bersaudara yang kini menjadi pemain utama tim Liga 1 Indonesia, PSIS Semarang.

Sebelum dikontrak PSIS Semarang Gali Freitas adalah pemain andalan dari Karketu Dili FC, hingga membawa timnya menjadi juara Liga Timorense 2023.

Penampilan gemilang Gali di Karketu Dili FC menjadi tantangan besar baginya setelah bermain di Liga Timorense kini berkompetisi di Liga 1 Indonesia.

Baca juga: Sosok Kontroversial Gali Freitas, Anak Muda Timor Leste, kini Bermain di Liga 1 Indonesia

Selain itu Gali Fritas juga bermain bersama anak-anak muda Timor Leste di AD SLB Laulara dan Lalenok United FC dalam beberapa tahun terakhir.

Gali Freitas mengaku sangat bangga dan mendapatkan kepercayaan dari PSIS Semarang untuk bergabung di dalamnya. Apalagi ia satus-satunya anak Timor Leste yang bermain di Liga 1 Indonesia. **