Helo Timor Leste

Dua Pemain Timor Leste di Liga 1 Indonesia, Karier Joao Pedro Kalah Moncer dari Gali Freitas

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Senin, 16 Oct 2023 07:05
    Bagikan  
TIMOR LESTE
psis/ psm facebook

TIMOR LESTE - Dua pemain asing asal Timor Leste di Liga 1 Indonesia, Joao Pedro di PSM Makassar dan Gali Freitas di PSIS Semarang.

HELOTIMORLESTE.COM - Di Liga 1 Indonesia saat ini ada dua pemain asing asal Timor Leste yang meniti karier sepakbola di Liga 1 Indonesia 2023, mereka adalah Paulo Gali Freitas asal Kota Dili Timor Leste dan Joao Pedro da silva Freitas dari Baucau.

Paulo Gali Freitas datang lebih dahulu di Indonesia yang kemudian bergabung bersama PSIS Semarang sejak Jumat (2/6/2023) lalu.

Sementara Joao pedro da silva Freitas bergabung bersama PSM Makassar sejak 12 September 2023, yang sebelumnya bermain di Benfica de Macao.

Baca juga: Ada Wacana Gali Freitas Bergabung dengan Tim Nasional Indonesia, Biar Garuda Tambah Hebat

Klub ini merupakan klub perserta liga Makau yang berdiri sejak 17 Oktober 1951 silam dan memiliki hubungan relasi dengan Benfica di Portugal.

Dikutip dari Transfermarkt nilai jual Joao Pedro mencapai Rp1,3 miliar, bahkan dia pernah mencapai harga pasaran tertinggi pada tahun 2021 lalu dengan nilai Rp1,74 miliar.

Pria berusia 25 tahun akan bermain di posisi winger bersama PSM Makassar memenuhi slot pemain ASEAN yang diisi dari Timor Leste.

Baca juga: Setelah Moncer di PSIS Semarang, Gali Freitas Kini Banyak Tawaran Klub Lain di Indonesia dan Luar Negeri

Masuknya Joao Pedro akan menambah kekuatan di lini penyerang sayap PSM Makassar seperti Yakob Sayuri, Yance Sayuri, Victor Dethan, Rizky Eka, Mufli Hidayat, Dzaky Asraf dan Joao Pedro da silva Freitas.

Sejauh ini di PSM Makassar belum mampu menunjukkan kehebatannya, karena masih belum berhasil mengoleksi gol.

Baca juga: PSIS Semarang Miliki Pemain Sayap Top Termasuk Gali Freitas, CEO Mengincar Ramadhan Sananta

Profil Joao Pedro

Nama : Joao Pedro da Silva Freitas
Lahir : Bacau, 24 Juni 1998
Usia : 25 tahun
Tinggi : 1,71 m
Posisi : Penyerang Sayap kiri.

Sementara satu lagi pemain Timor Leste adalah Paulo Gali Freitas yang saat ini bermain bersama PSIS Semarang.

Sejauh ini Gali Freitas merupakan pemain andalan PSIS Semarang, hingga penampilannya sebanyak 14 kali, Gali Freitas telah mengoleksi 6 gol dan 3 assist.

Baca juga: PSIS Semarang Miliki Pemain Sayap Top Termasuk Gali Freitas, CEO Mengincar Ramadhan Sananta

Koleksi gol Gali Freitas merupakan gol terbanyak yang ia miliki di antara pemain asing asal ASEAN lainnya di Liga 1 Indonesia.

Sedang di PSIS sendiri koleksi gol Gali merupakan terbanyak setelah Carlos Fortes yang mengoleksi 7 gol dengan 3 assist.

Sejauh ini Gali Freitas merupakan pemain yang dikenal dengan permainannya yang impresif dengan chiri khas yang ngeyel, tipe ini yang disukai suporter Indonesia.

Kini mantan pemain Karketu Dili FC ini, telah menjadi idolah baru di Kota Semarang yang merupakan hombase PSIS, saat PSIS bermain di lapangan sepakbola.

Baca juga: Gali Freitas dan Elias Mesquita Bersama Timnas U-23 Timor Leste, Bakal Hadapi Laga Neraka Melawan Kuwait

Bahkan nilai pasaran Gali Freitas per 17 Agustus 2023 berdasarkan Transfermarkt nilainya mencapai Rp3,04 miliar.

Kini Gali Freitas menjadi andalan PSIS Semarang dan menjadi pemain yang diperhitungkan di Liga 1 Indonesia, beberapa klub lain pun kini mulai melirik Gali untuk memilikinya.

Tak hanya klub dari Liga 1 Indonesia beberapa klub asing pun mulai mempertanyakan keberadaan Gali Freitas, kapan PSIS Semarang akan melepasnya.

Baca juga: Wancana Naturalisasi Gali Freitas untuk Timnas Indonesia, Tidak Didukung Rakyat Timor Leste

Terlebih lagi Gali Freitas yang memiliki usia sangat muda 18 tahun, masih memiliki peluang cukup besar dalam meniti kariernya di dunia sepakbola.

Profil Gali Freitas

Nama : Paulo Domingos Gali da Costa Freitas
Lahir : Dili, 31 Desember 2004
Postur : 1,65 m
Posisi : Sayap kanan dan kiri. **