Helo Timor Leste

Kongres AAF-TL Akhirnya Memiliki Nivio da C Fernandes Sebagai Presiden Baru 2024-2028

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Senin, 22 Jan 2024 10:29
    Bagikan  
PRESIDEN AAF-TL
istimewa

PRESIDEN AAF-TL - Presiden AAF-TL yang baru, Nivio da C Fernandes (tengah) terpilih untuk periode tahun 2024-2028

HELOINDONESIA.COM - Kongres AAF-TL (Asosiasi Wasit Sepak Bola Timor Leste) periode 2024-2028, akhirnya memilih, Nivio da C Fernandes di Xanana Sport Center di Formoza, Kota Dili, Sabtu (20/01/2024).

Jabatan Nivio akan diemban kurun waktu selama 4 tahun tepatnya berakhir sekitar bulan Maret 2028 ke depan.

Setelah terpilih sebagai Presiden AAF-TL, Nivio Fernandes menyatakan telah memiliki program tersendiri selama beberapa tahun ini, namun tidak dilaksanakan karena tidak ada anggara dari Federasi.

Baca juga: AFF-TL Menggelar Konggres, untuk Menyambut KLB FFTL Agenda Memilih Presiden yang Baru

"Tahun ini kami mencoba membuat program untuk memberikan dukungan kepada wasit di setiap kota agar kami dapat menyeleksi wasit-wasit yang mempunyai kinerja bagus untuk naik ke tingkat nasional untuk mempersiapkan mereka menjadi wasit FIFA," kata Nivio.

Ia menegaskan, jika wasit merupakan komponen penting didunia kompetisi khususnya sepakbola dan tidak hanya di Timor, tapi juga di negara-negara lain.

"Sekarang kita punya lebih banyak wasit, kita coba buat program pendukung di 13 kota agar kita bisa punya wasit yang bagus, karena banyak wasit yang tidak bisa memimpin bagus, karena kualitas wasitnya sangat rendah, untuk itu perlu ada program itu," ujar Nivo.

Baca juga: Menteri Olahgra Timor Leste Minta FFTL Kembali Menggelar KLB Untuk Menumbuhkan Kepercayaan FIFA

Untuk Program itu, perlu serahkan melalui Federasi untuk dilanjutkan FIFA guna dijadikan anggaran tahunan agar program kita juga bisa berjalan.

Kita tahu bahwa program yang dimiliki federasi sepak bola ini merupakan program siap pakai yang berasal dari FIFA dan AFC yang ditujukan untuk pelatihan wasit, tegas.

Nivo menjelaskan, wasit yang berusia di atas 45 tahun memang sudah selangkah lebih maju, namun bukan berarti harus berhenti.

Baca juga: Gagal Gelar Kongres, Kementerian Olahraga Timor Leste Ancam Tidak Memberi Dukungan Finansial Kepada FFTL

"Para wasit senior ini akan kita promosikan, kita bisa promosikan sebagai asesor, instruktur, match commissioner karena match commissioner harus mempunyai latar belakang wasit yang memahami hukum permainan agar bisa bekerja sama dengan wasit," jelas Nivo.

Sementara struktur baru yang akan memimpin AAF-TL periode 2024-2028 akan dipimpin oleh Presiden Nivio da C Fernandes, Wakil Presiden Jaime Gonsalves, Sekretaris Jenderal Vital Saldanha, Wakil Sekretaris Jenderal Lorenco Guterres, dan Bendahara Cancio Gusmao. **