Helo Timor Leste

Federasi Sepak Bola Timor Leste akan Bangun Lapangan Latihan Sepakbola Senilai 1 Juta Dollar

Dodo Hawe - Olahraga -> Sepakbola
Jumat, 31 May 2024 20:34
    Bagikan  
MAKET
tatoli.tl

MAKET - Foto merupakan rencanya pembangunan lapangan berlatih berstandar FIFA di Timor Leste

HELOTIMORLESTE.COM - Untuk mendukung fasilitas aktivitas sepakbola nasional Timor Leste bertaraf internasional atau sesuai stantar AFC dan FIFA.

Bahkan rencanya pembangunan itu seudah mendapat [ersetujuan dan anggaran dari FIFA (Federasi Sepak Bola Internasional) senilai US 1 juta dollar.

Untuk sementara lapangan utama nantinya akan digunakan untuk sesi latihan tim nasional dan FFTL Cup.

Direktur Profesional Kejuaran FFTL (Federasi Sepak Bola Timor-Leste), Frederico Martins menjelaskan proses pengerjaan sudah dimulai sejak 27 Mei 2024 ini.

Baca juga: Update Kompetisi Sepakbola Xanana Cup 2024, Berikut Jadwal Pertandingan dan Hasil Lengkap

Dikatakan proses tender dan semuanya dilakukan oleh FIFA, pada bulan lalu FIFA telah memutuskan untuk memberikan kontrak kepada satu perusahaan internasional dari Prancis.

"Mereka telah memulai melakukan pekerjaan pada 27 mei ini,” kata Frederico Martins kepada wartawan Tatoli di kantor FFTL, Rabu (29/5/2024).

Dikatakan oleh Martins jika pembangunan lapangan mini untuk latihan itu akan memakan waktu selama tiga bulan yang dibangun dalam tiga tahap oleh perusahaan terpilih.

"Perusahaan akan membangun satu lapangan sepakbola besar dan dua lapangan kecil, serta akan dilengkapi dengan lampu yang sesuai dengan standar Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC)," katanya.

Baca juga: Janji FIFA Tidak Pasti, Pemerintah Timor Leste akan Bangun Stadion Bertaraf Internasional Dari APBN 2024

Lebih jauh Martins mengungkapkan jika fisik yang akan dibangun itu berupa tiga lapangan, bahkan tribun juga akan dibangun pada tahap kedua nanti.

Tiga lapangan yang dibangun meliputi dua lapangan kecil dan satu lapangan besar merupakan lapangan utama dengan rumput sintetis modern dicampur pasir dan metana boraks.

Bahan ini bisa digunakan dalam waktu yang lama, semua proses pembangunannya harus sesuai stantar yang ditetapkan AFC dan FIFA.

Baca juga: Bertemu Xanana Direktur FIFA Sanjeevan Balasingam, Sebut akan Bangun Stadion Nasional dan Markas FIFA di Timor Leste

Dikatakan ukuran lapangan bola yang dibangun nantinya memiliki panjang 105 meter dengan lebar 74 meter terdiri dari dua gawang, standar lapangan sepakbola.

Sementara untuk dua lapangan kecil hanya memiliki panjang 65 meter dan lebar 37 meter dengan lapangan satu lagi dengan ukuran 61 dan 31 meter

"Dua lapangan kecil akan digunakan untuk sesi latihan pemain sepakbola junior, sementara lapangan yang besar akan digunakan untuk sesi latihan tim nasional dan FFTL Cup. Kami akan melakukan kegiatan di sana," tuturnya.

Baca juga: Perjalanan Liga Sepakbola Timor Leste dari LFA hingga Liga Timorense, Berikut Daftar Klub Divisi 1 dan 2

Pelaksanaan proyek tersebut akan dilakukan oleh perusahaan internasional Edel Grass JV dari Prancis yang dipilih langsung oleh FIFA dan satu perusahaan lokal bernama Hedge Construction Unipessoal, Lda.

Lapangan sepakbola tersebut akan dibangun di lapangan FFTL yang terletak di Bairo Formosa, Dili, Timor-Leste. **