Helo Timor Leste

Euro 2024 Jerman: Tidak Cetak Gol Ronaldo Roh bagi Portugal, Atasi Ceko 2-1

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Rabu, 19 Jun 2024 06:59
    Bagikan  
Rayakan Gol
Getty

Rayakan Gol - Ronaldo dan pencetak gol kemenangan Francisco Conceicao

HELOTIMORLESTE.COM - Portugal menang melalui come back dramatis mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-1. Kedua tim bertemu dalam duel matchday 1 Grup F Euro 2024, Rabu 19 Juni 2024.

Cristiano Ronaldo jadi perhatian utama untuk memecahkan rekor penampilan terbanyak di turnamen final Piala Eropa dengan enam kali penampilan.

Ceko bahkan unggul lebih dahulu lewat gol Luka Provod di menit ke-62.

Terbantu own goal Robin Hranac (69') akhirnya Francisco Conceicao mencetak gol kemenangan Portugal di menit 90+2.

Seragam 'Ronaldo 7' telah ada di mana-mana di Leipzig sebelum pertandingan, saat para penggemar bersiap menyambut rekor penampilan penyerang veteran itu di Kejuaraan Eropa keenam.

Mereka tidak diragukan lagi berharap dia akan menandainya dengan sebuah gol tetapi itu tidak terjadi dan justru Francisco Conceicao – 18 tahun lebih muda dari Ronaldo – yang mencetak gol kemenangan dramatis saat Portugal memulai kampanye Grup F mereka dengan kemenangan 2-1.

Itu bisa dibilang merupakan sentuhan pertamanya setelah masuk untuk debut kompetitifnya, dan mantan striker Inggris Alan Shearer senang dengan kontribusinya.

“Anda dikirim untuk mengubah permainan dan melakukan sesuatu,” katanya di BBC One. Anda harus memberi dampak sebagai pemain pengganti.

Baca juga: Euro 2024 Jerman: Kylian Mbappe Absen Melawan Belanda

“Ceritanya yang luar biasa,” tambah mantan gelandang Liverpool Danny Murphy.

"Ada saya yang berkata: 'Apa yang bisa Anda lakukan dalam tiga menit sebagai pemain pengganti?' Dia mendapat sedikit keberuntungan dengan defleksinya tetapi dia tidak akan melewatkannya.”

Itu adalah momen yang tak terlupakan bagi Conceicao, putra mantan pemain Portugal Sergio, dan ia merayakannya dengan Ronaldo yang gembira, yang melayangkan pukulan ke udara dan melakukan tos kepada rekan satu timnya.

Bos Portugal Roberto Martinez mengatakan anak muda itu pantas mendapatkan momen kemenangannya.

“Francisco adalah contoh utama dalam menghasilkan pendapatan tersebut,” katanya.

“Dia pantas berada di sini dan menunjukkan bahwa dia siap membantu grup. Dia menunjukkan karakter dan menunjukkan nilainya karena dia diizinkan berada di sini.”

Meski gagal mencetak gol ke gawang Republik Ceko, ia punya peluang. Upayanya dua kali digagalkan pada babak pertama oleh kiper Jindrich Stanek, sebelum sundulannya dibelokkan melebar setelah turun minum.

Dia tetap menjadi bintang dan ketika Portugal mendapat tendangan bebas 25 yard dari gawang, para penggemar berdiri dengan kamera ponsel siap, hanya untuk melihat upaya Ronaldo ditangkap dengan nyaman oleh Stanek.

Berbagi Pengalaman

Namun bagi rekan satu timnya, pengalaman yang bisa ia berikan melebihi kebutuhannya untuk mencetak gol.

“Kita semua tahu pentingnya memiliki pemain berpengalaman, seperti Cristiano Ronaldo,” kata gelandang Manchester United Bruno Fernandes.

Faktanya, Pepe mungkin yang paling berpengalaman di seluruh turnamen. Kami tahu mereka sangat penting bagi kami.

Untuk beberapa pemain terbaik yang pernah memainkan permainan ini, Ronaldo masih memiliki banyak kontribusi di level ini.

“Apa pun yang Anda lakukan, jika Ronaldo bermain bagus atau tim bermain bagus, dia selalu menemukan peluang,” kata mantan gelandang Spanyol Cesc Fabregas kepada BBC One.

Baca juga: Euro 2024 Jerman: Portugak Difavoritkan Melawan Republik Ceko

"Dia menjaga dirinya sendiri ke level lain. Dia hanya memerlukan sedikit ruang untuk menciptakan peluang. Secara keseluruhan permainannya jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun terakhir."

Shearer, sementara itu, memuji keinginan Ronaldo, namun menyatakan bahwa dia mungkin harus menerima pengurangan peran dalam beberapa pertandingan demi keuntungan tim.

“Ini adalah kunci apakah Portugal bisa maju dan memenangkan kompetisi ini, karena jika dia menerimanya, dia tidak bisa bermain 90 menit di setiap pertandingan, itu akan sangat membantu mereka memenangkan pertandingan ini,” tambahnya.

“Saat bangun setelah pertandingan dan memiliki keinginan untuk bermain lagi, saat Anda kesakitan, rasa lapar dan keinginan untuk menjadi yang terbaik.

"Semua orang berbicara dengan penuh semangat tentang sikapnya, itu sangat fenomenal."

Ronaldo telah membicarakan generasi pemain Portugal ini sebelum turnamen, dengan mengatakan bahwa mereka pantas untuk tampil maksimal dan meniru kemenangan negaranya pada tahun 2016.

Komentar-komentar tersebut dan tanggapannya yang gembira terhadap gol kemenangan Conceicao menunjukkan bahwa ia lebih mengutamakan kepentingan tim dan, jika itu yang terjadi, ada banyak alasan untuk percaya bahwa Portugal akan melangkah jauh di Jerman.**