Helo Timor Leste

Euro 2024 Jerman: Kiper Portugal Diogo Costa Anggap Pertandingan Lawan Slovenia Terbaik dalam Hidupnya

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Selasa, 2 Jul 2024 10:05
    Bagikan  
Pahlawan Portugal
ANNA SZILAGYI EFE

Pahlawan Portugal - Diogo Costa selamatkan tiga penalti antar Portugal ke 8 besar

HELOTIMORLESTE.COM - Setelah hasil imbang tanpa gol selama 120 menit pada pertandingan babak 16 besar di Frankfurt, penjaga gawang Porto Costa melakukan tiga penyelamatan untuk menggagalkan tiga tendangan Slovenia saat timnya mengklaim kemenangan adu penalti 3-0.

Cristiano Ronaldo, yang gagal mengeksekusi penalti pada perpanjangan waktu, berhasil mencetak gol dalam adu penalti bersama Bruno Fernandes dan Bernardo Silva untuk Portugal, yang akan menghadapi Prancis pada hari Jumat di babak delapan besar.

Pemain berusia 24 tahun itu juga melakukan penyelamatan penting satu lawan satu dengan kakinya pada periode kedua perpanjangan waktu ketika Benjamin Sesko dari Slovenia mengancam gawangnya menyusul kesalahan pertahanan.

"Saya rasa ini mungkin pertandingan terbaik dalam hidup saya, mungkin pertandingan yang paling bermanfaat bagi saya," kata Costa kepada wartawan.

"Saya hanya mengikuti kata hati, tentu saja kami menganalisis para penembak, tetapi para pemain mengubah pikiran mereka, dan mereka mengubah cara mereka menembak.

"Saya harus mengikuti kata hati saya, itulah yang saya rasakan. Saya sangat, sangat bahagia, dan saya sangat bersemangat untuk membantu tim."

Baca juga: Euro 2024 Jerman: Rumania Diprediksi kalah 1-3 Lawan Belanda di 16 Besar

Costa mengatakan dia mencoba mengantisipasi apa yang akan dilakukan Sesko untuk penyelamatan krusialnya menjelang akhir perpanjangan waktu.

"Saya berpikir 'Saya harus menghentikannya, saya akan berusaha sekuat tenaga'," jelasnya.

"Saya mencoba membaca bahasa tubuhnya dan untungnya saya berhasil membantu tim, yang merupakan hal terpenting."

Costa senang Ronaldo bangkit dan mencetak gol setelah kegagalannya mengeksekusi penalti pada menit ke-105 yang membuat sang bintang menangis.

"Kami semua merasa perlu untuk terus percaya -- saya dan Cristiano, semua orang membuat kesalahan, tetapi yang terpenting adalah apa yang kami lakukan setelah kesalahan ini," tambah Costa.

"Kita perlu percaya pada diri kita sendiri dan itulah yang telah kita lakukan. Dan sekarang kita semua sangat bahagia dan menjadi sahabat."

Pelatih Selecao Roberto Martinez mengatakan emosi Ronaldo menunjukkan betapa ia masih peduli pada Kejuaraan Eropa keenamnya, meskipun kariernya panjang dan gemilang.

"Emosi tersebut luar biasa bagi seseorang yang telah melakukan begitu banyak hal, itulah mengapa saya berterima kasih kepadanya... hanya pengambil penalti yang bisa gagal mengeksekusi penalti," kata Martinez.

"Saya yakin dia harus menjadi pengambil pertama (dalam adu penalti) dan menunjukkan jalan bagi kami menuju kemenangan.

"Semua orang sangat bangga dengan kapten kami. Ia memberi kami semua pelajaran, untuk memiliki standar yang tinggi dan tidak pernah menyerah."

Martinez juga memuji Costa, dan mengatakan bahwa sang penjaga gawang adalah "rahasia yang dijaga dengan sangat baik dalam sepak bola Portugal".

"Saya telah bekerja dengan banyak penjaga gawang dan dia termasuk yang terbaik," kata Martinez.

"(Kuncinya adalah) kedewasaannya, pengalamannya, dan sekarang kami bisa mendapatkan manfaat dari penampilannya."