Helo Timor Leste

Euro 2024 Jerman: Wasit Semifinal Inggris vs Belanda Felix Zwayer Terlibat Skandal Pengaturan Pertandingan

Satwika Rumeksa - Olahraga -> Sepakbola
Senin, 8 Jul 2024 19:54
    Bagikan  
wasit Semifinal
Getty

wasit Semifinal - Wasit Felix Zwayer akan pimpin pertandingan Inggris vs Belanda

HELOTIMORLESTE.COM - Inggris telah diberi tahu siapa wasit yang akan memimpin pertandingan semifinal Euro 2024 melawan Belanda di Dortmund, tetapi keputusan UEFA sepertinya tidak akan diterima dengan baik oleh Jude Bellingham.

Wasit asal Jerman Felix Zwayer akan memimpin pertandingan semifinal Euro Inggris - meskipun memiliki sejarah dengan Jude Bellingham .

Bintang Inggris Bellingham didenda £34.000 karena komentar pascapertandingan tentang Zwayer setelah Borussia Dortmund kalah dari Bayern Munich pada tahun 2021 menyusul keputusan penalti yang kontroversial.

Zwayer terlibat dalam skandal pengaturan pertandingan dan menjalani larangan bermain selama enam bulan pada tahun 2005 setelah menerima suap sebesar £250 dari sesama wasit Robert Hoyzer.

Bellingham mengangkat cerita pengaturan pertandingan selama wawancara pascapertandingan dan kemudian dihukum oleh FA Jerman. Bellingham marah saat itu: "Itu menimpanya dan saya bahkan tidak berpikir dia melihat bola tetapi Anda tahu Anda dapat melihat banyak keputusan dalam permainan. Anda memberi wasit yang pernah mengatur pertandingan sebelumnya, pertandingan terbesar di Jerman apa yang Anda harapkan?"

Baca juga: Euro 2024 Jerman: Tendangan Penalti Bintang Inggris Tercepat Kedua Selama Turnamen

Jurnalis TV Norwegia Jan Aage Fjortoft, yang melakukan wawancara, turut terlibat dalam perdebatan mengenai penunjukan tersebut. Fjortoft berkata: “Saya tidak yakin apa yang dipikirkan UEFA dengan menempatkan Zwayer di pertandingan Inggris. Pada tahun 2021, Bellingham mengatakan hal ini kepada saya setelah pertandingan. Dan didenda €40.000 oleh pejabat sepak bola Jerman.”

Zwayer, 43, dianggap oleh UEFA sebagai salah satu pejabat tinggi mereka dan mereka bersikeras bahwa itulah sebabnya dia yang bertanggung jawab. Bellingham telah dikenai denda sebesar £25.000 dan larangan bertanding sekali selama satu tahun setelah membuat gerakan menyusul gol penyeimbangnya di menit-menit akhir melawan Slovakia.

Berbicara tentang keputusan itu, pelatih Inggris Gareth Southgate berkata: "Saya pikir itu adalah keputusan yang masuk akal. Jelas ketika Anda mencetak gol dengan kualitas seperti yang dia lakukan saat ini di usianya, Anda akan merasakan adrenalin yang luar biasa.

"Saya pikir tidak ada maksud dalam tindakan itu terhadap siapa pun selain komunikasi yang dilakukannya dengan keluarganya. Jadi dari sudut pandang kami, kami pikir itu adalah hasil yang masuk akal.

"Saya selalu berbicara dengan para pemain. Saya tidak merasa perlu menghabiskan waktu dengan Jude untuk hal itu. Ia mengetahui penyelidikan tersebut dan ia orang yang cerdas."

Bellingham mengatakan bahwa gerakan itu adalah "gerakan candaan internal terhadap beberapa teman dekat yang hadir di pertandingan". Namun alasan itu tidak memuaskan para pengambil keputusan UEFA.**