Helo Timor Leste

Waduh Tuyul Bisa Tembus QR Code, Waspada Gaes Begini Cara Bobol dan Mencegahnya

Ugu - Teknologi
Jumat, 8 Dec 2023 13:49
    Bagikan  
Ghost
Thank you to Clara Pinterest ,

Ghost - Funny Ghost

HELOTIMORLESTE.COM -

Kini pembayaran lebih mudah dengan menggunakan QR code atau kode QR (quick response), karena praktis cukup pakai HP yang tiap hari pasti kebawa kemana-mana, dan mulai dari bakul bakso hingga tukang pijat menggunakan ini.

Namun ternyata pemakaian QR code ini berhasil ditembus keamanannya. Awal tahun ini perusahaan energi besar AS telah menjadi target penipuan kode QR.

Baca juga: Seri Mekanik Sepeda Motor, Troka Ita-nia Roda, Maski Alur Ainda Hatudu

Analis keamanan memperingatkan bahwa quishing sedang mengalami peningkatan di sejumlah negara,

Tuyul modern QR code Ini disebut Quishing yakni dengan cara penggabungan kode QR dan phishing, di mana pelaku kejahatan "memancing" untuk mendapatkan informasi pribadi dan detail pribadi melalui peretasan Kode QR

Baca juga: 10 Lagu dan Artis KPop yang Paling Sering Diputar di Spotify 2023, Coba Terka Dulu Baru Baca

QR code yang berupa kotak-kotak hitam-putih ruwet tersebut berfungsi sebagai semacam hieroglif yang dapat diterjemahkan oleh kamera HP atau perangkat lain.

Seringkali, kode QR diterjemahkan ke dalam URL situs web, namun akhir-akhir ini kode tersebut juga menunjuk ke pesan teks biasa, daftar aplikasi, alamat peta, dan kita sulit untuk mengetahui arahnya kemana.

Di sinilah akal-akalan para penjahat siber memanipulasi kode QR diarahkan menunjuk situs web palsu, dan orang sulit untuk mendeteksi apa yang dikunjungi sebelum membuka link yang terdapat pada QR tersebut .

Baca juga: Aktris Cantik Ini  Percaya Hantu Mengikutinya dari Pemakaman Kamboja ke Singapura, Ingin Menikahinya

Ditambah lagi, kode QR bisa dibuat oleh siapa saja dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Karena itu sangat mudah bagi para hacker membuat kode QR yang mengarah ke link tertentu untuk tujuan jahat.

Mengutip Wired, sama seperti phishing, quishing juga akan mengelabuhi seseorang agar mengunduh sesuatu yang membahayakan keamanan akun atau perangkat.

Lantas pelaku kejahatan ini meminta pengguna memasukkan beberapa kredensial login yang kemudian akan diteruskan langsung ke peretas dengan menggunakan situs spoof agar terlihat asli dan dapat dipercaya.

Baca juga: Ditahan Polisi saat Hamil 8 Bulan AkibatTeknologi Pengenalan Wajah Error

Untuk menghindari modus peretasan ini ada 5 cara Pertama jangan percaya kode QR yang dipasang di tempat umum atau diberi oleh orang jika tidak jelas dari mana asalnya.

Kedua aktifkan autentikasi dua faktor untuk setiap akun.

Ketiga segera keluar dari perangkat yang sudah tidak Anda gunakan lagi.

Keempat, Anda juga sebaiknya tidak mengunduh aplikasi pemindai QR sembarangan, hal ini meningkatkan risiko perangkat Anda terkena serangan malware gunakan pemindai bawaan pabrik HP.

Kelima, Anda jangan terpancing secara emosional dengan tipu muslihat seperti menakuti supaya akun tidak terhapus, verifikasi identitas agar bisa login, dan berkenalan dengan cewek atau cowok catik dengan bertukar akun.***