Helo Timor Leste

Pria Ini Memenangkan Lotere Jutaan Dolar dengan Matematika Sederhana, Simak Penjelasannya

Satwika Rumeksa - Ekonomi -> Bisnis
Minggu, 11 Feb 2024 13:49
    Bagikan  
Menang Lotere
CBS

Menang Lotere - 14 Kali ekonom Stefan Mandel menang lotere

HELOINDONESIA.COM - Ada anggapan jika Anda berjudi maka akan selalu kalah--bandar yang menang. Namun tunggu dulu, ternyata ada orang yang menang lotere jutaan dolar berkali-kali. Bagaimana caranya?

Pria yang memenangkan lotre sebanyak 14 kali ini dibebaskan dari semua kejahatan yang dituduhkan kepadanya setelah beberapa kemenangan yang cukup besar. Ia diperiksa karena dicurigai curang, namun penegak hukum tak menukan apapun kecurangan,

Ekonom Rumania Stefan Mandel, kini berusia 89 tahun, benar-benar membawa gagasan 'mendapatkan jackpot' ke tingkat yang baru setelah meraup kekayaan dengan menemukan algoritma pemilihan angka untuk mengalahkan sistem dan berulang kali memenangkan lotre.

Pria tersebut meminta bantuan sekelompok investor dan sindikat bernama International Lotto Fund (ILF) dan mereka kemudian menargetkan lotere di AS, Rumania, dan Australia.

Dan hasilnya, pria itu tidak pernah menghabiskan satu hari pun di balik jeruji besi.

Baca juga: Pria, 44 tahun, Buta Sebelah Mata setelah Tertidur dengan Posisi Miring saat Mabuk

Semua berkat apa yang dia sebut sebagai 'matematika sederhana', metode menghasilkan uang ini kemudian memberi Mandel hadiah jackpot yang mengejutkan sebesar $27 juta, di samping hadiah tambahan sebesar $900.000 untuk tiket yang menempati posisi kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya. pada tahun 1992.

Meskipun skema yang dilakukan Mandel secara teknis tidak ilegal - namun hal ini tentu saja menimbulkan kecurigaan dari pihak berwenang karena berbagai lembaga internasional, termasuk CIA dan FBI, menyelidiki Mandel dan ILF atas pelanggaran yang dilakukannya.

Namun, Mandel dan ILF kemudian dibebaskan.

Mandel terlibat dalam pertarungan hukum selama bertahun-tahun dan meskipun dia dibebaskan dari semua kejahatan yang dituduhkan kepadanya - seluruh cobaan berat tersebut menyebabkan dia mengalami banyak kesulitan keuangan.

Perusahaan besar ini kemudian menyatakan bangkrut pada tahun 1995, hanya tiga tahun setelah kemenangan besarnya, dan menghabiskan dekade berikutnya menjalankan berbagai skema investasi.

Salah satu skema investasinya hampir membuatnya dijatuhi hukuman penjara di Israel, namun hukuman tersebut kemudian dibatalkan dan Mandel tidak pernah menghabiskan satu hari pun di balik jeruji besi.

Algoritme pemilihan nomor yang ia sebut sebagai 'kondensasi kombinatorial' - yang didasarkan pada harga pembelian tiket lotere yang cukup untuk memainkan setiap kombinasi yang mungkin kurang dari hadiah jackpot - membuat AS menetapkan undang-undang yang melarangnya sama sekali.

Peraturan lotere diubah untuk melarang penumpang membeli tiket dalam jumlah besar serta penggunaan tiket yang dihasilkan komputer untuk memastikan tidak ada orang lain yang bisa meniru metode Mandel.

Baca juga: Di Luar Jam Kerja PM Timor Leste, Bercelana Pendek Turut Menebang Pohon Bersama Penduduk

Saat ini, legenda lotere menghabiskan tahun-tahun emasnya di sebuah pantai di sebuah pulau tropis terpencil bernama Vanuatu di lepas pantai Australia setelah menyatakan dirinya 'pensiun dari lotere' sama sekali.

“Saya adalah orang yang mengambil risiko, namun dengan cara yang penuh perhitungan,” kata Mandel kepada surat kabar Rumania, Bursa, pada tahun 2012.

“Mencukur jenggot adalah sebuah lotere: selalu ada kemungkinan saya akan melukai diri sendiri, terkena infeksi darah, dan mati – namun saya tetap melakukannya. Kemungkinannya menguntungkan saya.”

Ya, mengingat dia tidak menghadapi dampak nyata apa pun atas tindakannya - jelas kemungkinan besar menguntungkannya.**