Helo Timor Leste

Harga Beras di Timor Leste Saat ini Mencapai 20 Ribu Perkilogram di Indonesia 12,5 Ribu Sudah Ribut

Dodo Hawe - Ekonomi
Jumat, 8 Sep 2023 15:34
    Bagikan  
Beras Impor
Istimewa

Beras Impor - Timor Leste impor beras antara lain dari Kamboja

HELOTIMORLESTE.COM - Harga pangan khususnya beras di dunia saat ini terus mengalami kenaikan, khususnya yang terjadi di negara bekas provinsi Indonesia, Timor Leste, juga mengalami hal yang sama.

Timor Leste yang menggantungkan pasokan beras dari luar negeri seperti dari India, Vietnam dan Thailand kini harga beras di Bumi Lorosae terus mengalami kenaikan.

Jika harga beras di Indonesia mencapai Rp12.500 itu sebagian masyarakat sudah dianggap tinggi, maka di Timor Leste harga beras jauh lebih tinggi lagi.

Baca juga: Merespon Harga Naik Tinggi, Presiden: Mulai September Dieglontorkan Bantuan Beras 210.000 Ton

Menurut laporan kantor berita Tatoli harga beras di Timor Leste saat ini mencapai US $20 per 15 kilogram atau sekitar Rp20.000 dengan estimasi dollar Rp15.000 per satu dollar AS.

Sebelumnya harga beras di Timor Leste per 15 kilogram sbesar US $10, namun belakangan mengalami kenaikan.

Terkait terjadinya lonjakan harga pangan khususnya beras, Pemerintah Timor Leste akan melakukan intervensi kepada negara pengkspor beras.

Wakil Perdana Menteri dan Menteri Koordinator urusan Pembangunan Pedesaan, Mariano Assanami Sabino, mengatakan pemerintah sedang mempersiapkan untuk mengatasi situasi seperti ini.

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Peramal Berasparagus Ramalkan Inggris Juara Lewat Adu Penalti

"Saat ini Kementerian Perdagangan dan Industri dan juga Kementerian Pertanian masih membahas masalah tersebut, dalam waktu dekat harga beras akan turun dengan malakukan intervensi," kata Mariano kepada wartawan di Istana Pemerintah Dili, kamis (7/9/2023).

Hal ini terjadi karena berkaitan dengan keluhan masyarakat Timor-Leste yang mempertanyakan harga beras melonjak naik dengan satu sak beras15 kilogram yang semula harganya $15 kini naik menjadi $18 dan hingga $20.

Untuk itu menurut Mariano, pemerintah akan mencari cara untuk mendukung rakyatnya, karena ini merupakan kebutuhan dasar rakyat.

Baca juga: Setelah Impor Beras Dari India Batal, Langkah ini yang Dilakukan Timor Leste untuk Mengatasi Masalah Pangan Dalam Negeri

"Perintah akan segera bertindak, naiknya harga dasar masyrakat seperti makanan, rumah dan lain lain maka Pemeirntah akan berusaha untuk melakukan intervensi secepatnya," kata Mariano Sabino.

Kenaikan beras tidak hanya terjadi di Timor Leste saja di Indonesia beras belakangan terakhir juga mengalami kenaikan.

Namun kenaikan beras atau harga beras di Indonesia tidak setinggi di Timor Leste yang terjadi selisih harga Rp10.000 per kilogramnya.

Baca juga: Pasar Beras Timor Leste Didominasi Beras Vietnam dan India, Petani Hanya Mampu Produksi 86 Ribu Ton

Awalnya harga beras di Indonesia dipasaran segarga Rp10.000 kini naik menjadi Rp12.500 perkilogram nya, tidak ada 1 dollar Amerika Serikat per kilogram.

Sedangkan untuk harga beras medium (kualitas terbaik baik) harga per kilogramnya mencapai Rp14.180 per kilogram. **