Helo Timor Leste

PM Xanana Serukan Agar Pengusaha Timor Leste Bisa Menstransfer Pengetahuan dari Negara-negara Sabat

Dodo Hawe - Ekonomi
Jumat, 24 Nov 2023 08:19
    Bagikan  
XANANA GUSMAO
istimewa

XANANA GUSMAO - PM Timor Leste, Xanana Gusmao saat berbicara di forum KTT ASEAN di Hotel The Sultan Jakarta, Indonesia, Senin (4/9/2023).

HELOTIMORLESTE.COM - Perdana Menter Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusma menghimbau kepada pengusaha Timor Leste agar lebih kreatif dalam mengembangkan usaha yang mereka miliki.

Xanana mengatakan pengusaha agar keluar dari zona nyaman untuk tidak terus mengandalkan pemerintah dalam membangun usaha mereka.

Mantan pejuang kemerdekaan Timor Leste mengatakan saat berbicara di Forum Busnis Internasional Timor Leste 2023 di Aula Multiuso GMN, Kamis (23/11/2023).

Baca juga: PM Xanana Menyelam Menikmati Keindahan Alam Bawah Laut di Atauro

Menurut PM Xanana para pengusaha Timor Leste harus berusaha keluar dari zona nyaman mereka dan membangun diri mereka sendiri.

Ini adalah masalah kelangsungan hidup, mereka tidak boleh hanya mengandalkan diri dari dukungan pemerintah.

"Tidak boleh hanya mengandalkan dukungan pemerintah untuk membiayai ambisi mereka, mengeluarkan mereka dari kesulitan," kata PM Xanana.

Kepala pemerintahan Timor Leste ini berharap para pengusaha harus mencari solusi yang menguntungkan bidang usaha mereka untuk begerak maju.

Baca juga: PM Xanana Hadiri AIS Forum 2023 di Nusa Dua Bali Indonesia, Ini Manfaat yang Didapat

"Mencari kerjasama dan dukungan mereka butuhkan, kemotraan baru akan memungkinkan berbagai sumber daya dan pengalaman, membantu proyek dan investasi mereka untuk berkembang," katanya.

Oleh karena itu nilai kerjasama tidak boleh diremehkan, kerjasama harus didorong untuk semua pengusaha Timor Leste.

Mereka bisa memanfaatkan kerjasa internal dan kemitraan dengan para pebisnis internasional, mentransfer pengetahuan, teknologi dan modal asing ke Timor Leste.

Pemerintah bekerja untuk memastikan warga Timor Leste memiliki akses pendidikan, pelatihan profesional, dan magang di negara-negara sahabat untuk pengembangan ketrampilan.

Baca juga: PM Lee Bertemu PM Xanana di Jamuan Makan Malam KTT ASEAN

Dan secara diplomatis pemerintah melakukan upaya untuk membangun kerangka kerjasa yang berkontribusi pada pertukara pengalaman, praktik terbaik dan keahlian di semua sektor pembangunan.

Seperti kita ketahui rencana pembangunan strategis 2011 - 2030 bertujuan mengembangkan modal sosial dan sektor ekonomi, infrastuktur, tata kelola yang diperkuat dengan proragm pemerintah.

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak PM Xanana Bentuk Kawasan Ekonomi Perbatasan Timor Leste-Indonesia

Forum Bisnis Internasional 2023 berlangsung mulai 23 hingga 25 November 2023, dihadiri oleh 300 pengusaha dari mancanegara.

Sebanyak 300 pengusaha yang disebutkan berasal dari Singapura, Jepang, China, Thailand, Indonesia, Korea Selatan dan Brasil.

Mereka akan membahas investasi di bidang pertanian, minyak dan gas, pertambangan, pariwisata, dan sektor lainnya salah satunya di Timor Leste. **