Helo Timor Leste

PM Xanana dan Delegasi Timor Leste Tiba di Swiss Agenda ini yang Bakal Diikuti Selama Kunjungannya

Dodo Hawe - Ekonomi
Rabu, 17 Jan 2024 14:12
    Bagikan  
SAMBUTAN
Xanana ba Ema Hotu/facebook

SAMBUTAN - PM Xanana Gusmao mendapat sambutan dari Duta Besar Timor-Leste untuk PBB di Jenewa, Lurdes Bessa, Rabu (17/1/2024).

HELOINDONESIA.COM - PM Timor Leste, Xanana Gusmao dan delegasi akhirnya tiba di Swiss setelah sekian lama melakukan perjalanan dari Bandara Ngurah Rai, Bali melalui Dubai menuju di Swiss, Rabu (17/1/2024).

PM Xanana dan delegasi diterima oleh Duta Besar Timor-Leste untuk PBB di Jenewa, Lurdes Bessa, dan tim protokoler untuk melanjutkan perjalanan langsung menuju hotel Valbella Resort yang tidak jauh dari lokasi pertemuan Davos-Klosters.

Di hotel, PM Xanana melanjutkan pertemuan singkat dengan Duta Besar Lurdes Bessa untuk mengupdate agenda pertemuan World Economic Forum yang bakal digelar nanti.

Baca juga: Putra Xanana Gusmao Tops Skor Turnamen Timor Cup 2023 di Australia, Tim AD SLB Laulara Juara Tiga

Duta Besar, Lurdes Bessa menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada PM Xanana atas kunjungan penting yang dilakukannya guna memperkuat kerja sama Timor-Leste dengan anggota Forum Ekonomi Dunia ini.

Dalam agenda program ini sendiri, Konsul Uta Lena Lenzen juga menyampaikan kepada Presiden Republik, Jose Ramos-Horta saat berkunjung ke Timor-Leste.

Sementara itu, di bagian lokal, Perdana Menteri Xanana didampingi Duta Besar Lurdes Bessa mengikuti jamuan makan malam persahabatan dan sambutan dari Klaus dan Hilde Schwab bersama para kepala negara, kepala pemerintahan, organisasi internasional, dan anggota World Economic Forum.

Baca juga: PM Xanana Tinggalkan Timor Leste Menghadiri Forum Ekonomi Dunia ke-54 di Swiss Hingga 20 Januari 2024

Sesuai agenda pada Rabu 17 Januari 2023, PM Xanana beserta beberapa kepala pemerintahan dan kepala negara ASEAN akan berpartisipasi dalam pembukaan World Economic Forum di Davos-Klosters yang kondisi iklimnya dingin disertai salju.

Perdana Menteri Xanana juga akan menyampaikan pidato kepada organisasi mitra terkait topik penting yang telah diputuskan.

Sesuai agendanya, Forum Ekonomi Dunia akan dihadiri oleh para pemimpin dunia seperti Sekretaris Jenderal PBB António Guterres.

Baca juga: Xanana Gusmão sei partisipa Forum Ekonomi Mundial iha Davos, Suíssa, Janeiru 2024

Selain juga hadir PM Kamboja Hum Manet, Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam, Presiden Grup Bank Dunia Ajay S Banga, Perdana Menteri Bulgaria Nikolai Denkov.

Selanjutnya Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus, dan peserta penting lainnya yang akan berpikir matang untuk dapat bekerja sama dalam topik prioritas yang akan dibahas dalam forum di Davos-Klosters. **