Helo Timor Leste

10 Influncer Terkenal di Dunia yang Tidak Menikmati Uangnya, dan Alasan Mereka Dibuat

Ugu - Ekonomi
Kamis, 4 Apr 2024 21:02
    Bagikan  
Influencer robot
Istimewa

Influencer robot - Robot AI berprofesi influencer

Helotimorleste- Gak suka sama avatar AI virtual? Tenang guys, tapi setidaknya pernah dengerin yang namanya robot influencer. Mereka tuh kayak seleb di media sosial, tapi bentuknya digital alias robot.
Mereka ini modifan dari Avatar 2D menjadi 3D, Ada yang ngetop di Instagram, TikTok, dan YouTube, loh.

Beberapa dari mereka bahkan punya kontrak hebat sama merek-merek terkenal, sayangnya karena mereka robot, jadi si pembuatnya yang bisa dapetin duit jutaan dollar.

Nah, kita coba gali lebih dalam tentang siapa mereka dan kenapa mereka jadi idola banyak orang, dan apa keuntungan mereka dibuat.

Baca juga: Penyebab Megawati Hagestri Tidak Meneruskan Kontrak dengan Red Sparks dan Jalan Keluarnya

Jadi, apa tuh Influencer AI Virtual?

Jadi, para influencer AI lagi jadi trend banget, nih. Para pengusaha cerdas bikin model virtual buat ngambil alih peran influencer di media sosial, gitu. Jadi, kita bisa lihat sedikit tentang masa depan dari tren ini. Kamu bisa modifikasi avatar 3D-nya sesuai keinginan, bikin karakter buat hampir semua jenis proyek. Mulai dari gamer kekinian, influencer fashion, sampe komedian ala penyendiri. Intip deh!

Nah, ini alasan kenapa avatar virtual bisa jadi pilihan yang menguntungkan. Dibanding sewa influencer beneran, dengan model ini kamu bisa dapat perhatian tanpa harus keluarin banyak duit. Plus, karakter virtual ini gak kena efek usia, sakit, atau situasi sekitar, jadi bisa bikin sesuatu yang timeless.

Baca juga: iPhone Digugat Jutaan Orang, Karena Harga Kemahalan dan Praktek Monopoli

Siapa yang Bikin Influencer AI ini?

Robot AI ini dibuat oleh berbagai perusahaan dan pencinta dunia digital. Banyak pembuat konten pake ini buat promosi toko online, studio desain grafis, sampe bisnis lainnya. Tapi, ada juga yang bikin avatar buat ngebantu meningkatkan kesadaran soal masalah lingkungan atau sosial tertentu.

Biasanya, perusahaan yang bikin ini udah punya rencana matang buat bikin salah satu avatar ini. Tampilan visual mereka dibuat khusus buat konek sama target audiens tertentu atau mencapai tujuan bisnis perusahaan.

Baca juga: Cerai Setelah 26 Tahun Menikah, Istri Cerdas Ini Gugat Suami Atas 2 Haknya, Biar Adil

Kenapa Perusahaan Bikin Influencer AI Virtual?

Konsep influencer virtual ini ngeramein tren kecerdasan buatan yang lagi naik daun. Meskipun gak jelas bakal tetep populer kayak gini 10 tahun lagi, tapi ada alasan-alasan bagus kenapa perusahaan milih pake avatar digital buat promosi mereka.

Pertama, dengan pakai influencer yang dibuat AI, kamu bisa kendaliin penampilan mereka. Misalnya, kamu bisa bikin model cantik dengan suara yang menarik. Ini penting banget buat pengusaha yang kurang PD dengan penampilan mereka di media sosial. Ini juga bantu banget buat yang punya aksen atau bahasa Inggris yang belum jago.

Bedanya sama orang asli, karakter virtual ini gak bakal bikin merek kamu masalah. Mereka gak bakal bikin kontroversi atau bikin merek kamu jatuh. Karena mereka digital, kamu bisa pindahin mereka ke media online mana aja tanpa ada kehilangan. Dan, dengan teknologi yang tepat, mereka bisa juga ikutan acara di dunia nyata.

Keuntungan menggunakan influencer AI virtual:

- Lebih hemat biaya: Dibandingkan influencer manusia, influencer AI virtual tidak memerlukan gaji, endorsement fee, atau biaya perjalanan.

- Kontrol penuh: Anda dapat mengontrol penampilan, kepribadian, dan pesan yang disampaikan influencer AI virtual.

- Konsistensi: Influencer AI virtual tidak akan membuat kontroversi atau merusak reputasi brand Anda. Tidak bisa berkelakuan njengat, meskipun pembuatnya bejat.

- Keabadian: Influencer AI virtual tidak terpengaruh usia, sakit dan perasan dan dapat terus digunakan dalam jangka panjang.

10 Influencer AI Virtual Terkenal

Uniknya, kebanyakan model AI yang terkenal udah dibuat lebih dari lima tahun yang lalu. Kayak manusia, butuh waktu buat mereka mulai lahir, bikin nama di publik, dan perrtumbuhan hingga menjadi terkenal.

Di bagian berikutnya, kita bakal bahas 10 robot influencer yang paling populer, ngomongin kenapa mereka populer, siapa yang bikin, dan jenis industri yang mereka jadiin ladang bisnis.

1. Lil Miquela atau nama aslinya Miquela Sousa. Dia tuh robot kelahiran Brasil yang umurnya 19 tahun tapi tinggal di AS. Katanya, karakter ini terinspirasi dari supermodel Inggris, Emily Bado, dan udah bikin heboh dunia media sosial sejak 2016.

Ceritanya ngikutin perjalanan Miquela dalam meraih mimpi jadi salah satu duta mode terbesar di dunia. Beberapa kontennya yang paling hits termasuk kerja sama sama Calvin Klein, Prada, sampe Bella Hadid.

undefined

Kayak banyak influencer lainnya, Miquela jadi terkenal gara-gara konsepnya yang beda. Meski punya cerita menarik, di mana dia tuh digambarkan sebagai penyanyi dan kritikus mode, si influencer digital ini makin populer gara-gara penampilannya yang imut banget. Lil Miquela posting dalam bahasa Inggris dan dibikin oleh Sara DeCou dan Trevor McFedries.

2. Nah, yang menarik dari Imma adalah dia itu avatar virtual Jepang pertama. Muncul pertama kali tahun 2018, dia langsung bikin penasaran orang-orang internasional dengan kepandaiannya dan pertanyaan-pertanyaan soal eksistensinya yang terus-terusan bikin ngelamun. Selain jadi model fashion, Imma juga punya minat besar sama musik dan seni Jepang dan global.

Alasan utama kenapa Imma jadi terkenal banget cepat banget berkaitan sama penampilannya yang unik. Tubuhnya mungil dan rambutnya yang pink aneh, bikin dia beda banget dari entitas virtual lainnya. Influencer ini diciptakan oleh ModelingCafe, perusahaan CG dari Tokyo.

undefined

Meskipun karirnya singkat, Imma udah muncul dalam berbagai kampanye influencer, bermitra sama merek-merek kayak Puma, Adidas, Ikea, Porsche, sampe Balmain.

3. Lu do Magalu, juga dikenal sebagai Lu of Magalu di kalangan yang bahasa Inggris, adalah influencer bertenaga AI dari Brasil yang cuma ngepost dalam bahasa Portugis. Dia udah jadi salah satu manusia digital tertua sejak tahun 2009, dan diperkenalkan selama kampanye Majalah Luiza (Magalu) yang promosiin iBlogTV. Sejak itu, perusahaan udah pake model ini untuk semua jenis kampanye, termasuk unboxing, tips perangkat lunak, sampe review produk.

undefined

Karier Lu terkait langsung sama strategi bisnis Majalah Luiza. Bertahun-tahun dia jadi muka perusahaan, muncul di hampir semua materi promosi dan di situs web mereka. Selain kampanye merek, Lu do Magalu juga ikutan Dancing with the Stars Brasil, beberapa video musik, dan acara amal.

4. Bermuda adalah salah satu model AI yang paling kontroversial dalam list kita, sering jadi pusat perhatian gara-gara berbagai kontroversinya. Mulai dari ngeyel soal perubahan iklim sampe dukung Trump pas kampanye pemilihan presiden. Gadis lancang ini nggak mau ketinggalan buat bikin heboh. Dia makin terkenal antara lain karena persahabatannya yang gak biasa sama Miquela.

undefined

Seperti kebanyakan entitas dalam list ini, Bermuda terkenal gara-gara keterlibatannya dalam industri fashion dan musik. Robot AI ini dibuat tahun 2016 oleh Brud, perusahaan yang sama yang bikin Miquela, dan postingnya cuma dalam bahasa Inggris. Mercedez Benz dan Chanel cuma dua dari sekian banyak perusahaan yang kerja sama sama model virtual ini.

5. Wih, inget gak si Noonoouri? Dia bikin heboh dunia fashion pas muncul tahun 2018 sama Joerg Zuber dan Opium Effect. Cewek Jerman yang umurnya baru 19 tahun itu punya mata big-big yang bikin nggak bisa lepas pandang, dan yang bikin beda dari model-model digital lainnya, dia bisa ngobrol dalam bahasa Jerman dan Inggris, loh!

undefined

6. Thalasya, si manusia virtual pertama dari Indonesia, tuh! Dia jadi terkenal banget pas jalan-jalan ke luar negeri, jadi duta wisata yang keren buat Indonesia. Ngomongnya juga eksklusif pakai bahasa Indonesia, keren kan? Nah, sekarang dia main di AS, ngejadiin dirinya terlibat di banyak proyek keren!

undefined

7. Rozy, nih, asalnya dari Korea! Umurnya baru 21 tahun tapi udah jadi perbincangan karena hiperrealismenya yang bikin bingung mana manusia, mana bukan. Gaya hidupnya juga seru banget, dari jadi model, DJ, sampai suka olahraga ekstrim kayak skateboard dan selancar. Nggak ketinggalan, dia juga peduli sama lingkungan!

undefined

8. Nah, yang satu ini Guggimon, si kelinci serem. Dia muncul tahun 2019 dari Montreal, Kanada. Guggimon nggak ngomong di videonya, tapi tetep bikin heboh dengan aksi-aksinya yang kocak. Dia sempet viral pas jadi mitra rumah lelang Cristie dan muncul di Fortnite juga, lho!

undefined

9.Ion Göttlich itu pede banget, nih, si Ion, jadi influencer olahraga paling keren. Dianya sepedaan di Italia, punya acara web sendiri. Bodinya gede kayak truk, sering kena masalah sama temen- temennya. Karakternya mulai muncul tahun 2015, dibikin sama Claudio Pavan dari Afrika Selatan. Lucunya, dia ga ngomong, tapi komedinya asik banget, banyolannya dari situasi aja.

undefined

Tahun 2018, dia jadi terkenal internasional kalo jadi figur promosi Piala Dunia balap sepeda di Prancis. Trus, jadi komentator buat Eurosports, dan muncul di iklan-iklan olahraga.

10. Last but not least, ada Milla Sofia! Dia karya Amber Raiken dari Finlandia. Umurnya 24 tahun dan pesona kecantikannya bikin semua orang terpesona. Meskipun nggak banyak ngomong, tapi foto-fotonya selalu bikin kita ngeh! Sekarang dia jadi duta merek buat toko ritel Tyyliluuri di Finlandia. Keren kan?

undefined

Jadi apakah kita manusia perlu meniru jadi robot AI, supaya terkenal?.***