Helo Timor Leste

Tim Menteri Dr. Filipe Nino Pereira Kunjungi Universitas Katolik UNPAR, Ada Sejumlah Tujuan

Ugu - Ekonomi
Selasa, 4 Jun 2024 07:14
    Bagikan  
Timor Leste kunjungi UNPAR
UNPAR

Timor Leste kunjungi UNPAR - Dr. Filipe Nino Pereira bersama tim

Helotimorleste- Timor Leste menjalin kerja sama dengan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) untuk memperkuat sektor UMKM dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Timor Leste.

Hal ini terwujud dalam kunjungan tim teknis dari Kementerian Perdagangan dan Perindustrian Timor Leste yang dipimpin oleh Menteri Perdagangan dan Perindustrian Timor Leste, Dr. Filipe Nino Pereira, pada Senin (3/6/2024).

Baca juga: Jepang Buka Wisata Kopi Jelajahi Timor Leste Selama 8 Hari, Penasaran Enaknya Kopi PARCIC

Rektor UNPAR, Prof. Tri Basuki Joewono, Ph.D, dalam sambutannya sambutannya sangat senang menerima kunjungan rombongan dari Timor Leste.

"Terutama karena kami akan merayakan ulang tahun ke-70 pada Januari 2025. Kami berharap kunjungan ini dapat menjadi awal dari kerja sama yang lebih erat antara kedua negara, terutama dalam pengembangan UMKM dan sumber daya manusia,” ungkap Tri Basuki.

Baca juga: Ramos Horta Disorot Dunia, Sebut One China Terkait Nasib Taiwan

Sementara itu Apolo Justino França da Silva, Atase Perdagangan Timor Leste di Jakarta, menyatakan rasa terima kasihnya atas dukungan UNPAR.

“Kami sangat menghargai dukungan dari Indonesia dan berharap dapat terus bekerja sama dengan UNPAR dalam pendampingan UMKM,” ujar Apolo. Ia juga mengapresiasi dukungan Indonesia yang membantu Timor Leste bergabung dengan ASEAN.

Baca juga: Tim Vatikan Tiba di Dili untuk Inspeksi, 12 Juta Dolar Telah Disiapkan Untuk Kegiatan Paus

Sedangkan, Jaime Andre Simoes, Atase Pendidikan Timor Leste di Jakarta, menambahkan sangat senang dengan kesempatan yang diberikan "Terutama karena di Timor Leste memiliki universitas Katolik. Harapan kami adalah untuk mendapatkan banyak referensi dan bimbingan dari UNPAR untuk kemajuan pendidikan di Timor Leste,” katanya.

Kunjungan ini bertujuan untuk:

- Mempelajari implementasi UMKM di Indonesia, khususnya di Jawa Barat.
- Memperkuat kerja sama antarlembaga antara Timor Leste dan UNPAR dalam bidang UMKM dan SDM.

Tim teknis Timor Leste melakukan beberapa kegiatan selama di UNPAR, antara lain:

- Mengunjungi beberapa unit UMKM di wilayah Bandung Raya untuk mempelajari praktik terbaik dalam pengelolaan UMKM.
- Mengikuti workshop marketing dan branding produk untuk meningkatkan kemampuan UMKM Timor Leste dalam memasarkan produk mereka.
- Bertemu dengan Pusat Studi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di UNPAR untuk berdiskusi tentang program-program pengembangan UMKM yang ditawarkan UNPAR.

Harapan dan Komitmen

Kedua belah pihak berharap kunjungan ini dapat menjadi awal dari kerja sama yang lebih erat antara Timor Leste dan UNPAR dalam pengembangan UMKM dan SDM. UNPAR berkomitmen untuk mendukung Timor Leste melalui berbagai program dan kegiatan kolaboratif, seperti:

Pelatihan UMKM

- Pengembangan kurikulum pendidikan untuk UMKM
- Pertukaran pelajar dan dosen
Dampak Positif
- Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kedua negara, antara lain:
- Meningkatkan kualitas UMKM di Timor Leste
- Meningkatkan kompetensi SDM di Timor Leste
- Memperkuat hubungan bilateral antara Timor Leste dan Indonesia

Timor Leste dan UNPAR optimis bahwa kerja sama ini akan terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kedua negara di masa depan.***