Helo Timor Leste

Meski Kontrak BLACKPINK Diperpanjang Oleh YG Entertaintment, Ketidakpastian Masih Membayang

Satwika Rumeksa - Hiburan
Rabu, 6 Dec 2023 21:23
    Bagikan  
Member BLACKPINK
Yonhap

Member BLACKPINK - Dari kiri, Lisa, Rose, Jisoo and Jennie of K-pop girl band BLACKPINK saat dapat penghargaan dari Kerajaan Inggris

HELOTIMORLESTE.COM - Girlband K-pop BLACKPINK telah memperbarui kontrak untuk aktivitas grup dengan YG Entertainment, yang telah mewakili kuartet ini sejak debutnya pada tahun 2016.

Perkembangan ini terjadi di tengah ketidakpastian yang sedang berlangsung terkait perpanjangan kontrak individu keempat anggota - Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa.

YG mengungkapkan pada hari Rabu bahwa para penyanyi telah memperbarui kontrak mereka sebagai sebuah grup berdasarkan rasa saling percaya dan bahwa mereka akan memberikan dukungan yang tak tergoyahkan kepada BLACKPINK untuk menyamai kehadiran grup secara global.

Mereka menambahkan bahwa kuartet ini akan merilis album baru dan memulai tur dunia berskala besar di masa mendatang.

Setelah mengumumkan bahwa mereka akan mempertahankan kemitraannya dengan grup yang paling menguntungkan ini, YG mengalami lonjakan harga saham. Harga sahamnya melonjak hingga 60.400 won ($46) pada hari Rabu sore - lebih dari 25 persen lonjakan dari hari sebelumnya.

Baca juga: Sumber: V dari BTS dan Jennie BLACKPINK Putus Hubungan

Namun, masih harus dilihat apakah semua anggota BLACKPINK akan memperpanjang kontrak mereka sebagai individu, mengikuti jejak boyband BTS yang dinominasikan untuk Grammy.

Awal tahun ini, ketujuh anggota BTS memperbarui kontrak mereka dengan agensi mereka, HYBE, untuk kedua kalinya. HYBE, yang didirikan oleh Chairman Bang Si-hyuk, telah mengelola BTS sejak debutnya pada tahun 2013.

Dalam kasus BLACKPINK, banyak spekulasi yang beredar mengenai rencana individu para anggotanya. Anggota asal Thailand, Lisa, dikabarkan telah menolak tawaran perpanjangan kontrak sebagai individu sebanyak dua kali. Beberapa laporan mengklaim bahwa Jennie dan Jisoo sedang mempertimbangkan untuk mendirikan perusahaan manajemen mereka sendiri.

Solo Karir

Jika para anggota memilih untuk tidak memperpanjang kontrak individu mereka dengan YG, mereka kemungkinan akan lebih menekankan pada membangun karir solo mereka, berkumpul bersama untuk kegiatan BLACKPINK saat jadwal mereka memungkinkan.

Setiap anggota BLACKPINK telah mengukir merek pribadi yang berbeda, mengumpulkan lebih dari 70 juta pengikut di media sosial. Mereka telah memperluas cakrawala artistik mereka di luar kegiatan grup, dengan masing-masing anggota merilis album solo dan Jisoo dan Jennie merambah dunia akting.

Pengaruh mereka juga meluas ke dunia mode, dengan masing-masing menjadi duta merek untuk rumah mode kelas atas yang terkenal - Jennie untuk Chanel, Rose untuk Saint Laurent, Lisa untuk Celine, dan Jisoo untuk Dior.

Baca juga: Jolie Alami Bells Palsy karena Pernikahannya yang Gagal dengan Brad Pitt

Aksi Panggung

Mengingat ketenaran global mereka secara kolektif dan individu, ada spekulasi bahwa para anggota mungkin tidak hanya bergantung pada dukungan YG untuk mempertahankan karir mereka yang berkembang.

Namun demikian, perpanjangan kontrak BLACKPINK sebagai sebuah grup merupakan sebuah berkah bagi YG, yang telah mengalami krisis besar selama beberapa tahun terakhir.

Yang Hyun-suk, yang kembali ke perusahaan pada bulan Januari sebagai kepala produser untuk girl grup baru BABYMONSTER setelah mengundurkan diri sebagai CEO pada tahun 2019, baru-baru ini dijatuhi hukuman enam bulan penjara, ditangguhkan selama satu tahun.

Hukuman tersebut berkaitan dengan tuduhan memeras mantan trainee idola dalam upaya untuk menggagalkan penyelidikan skandal narkoba yang melibatkan B.I, mantan anggota boyband YG, iKON.

YG juga menghadapi kerugian besar atas kekayaan intelektual ketika semua anggota BIGBANG, salah satu grup terbesar yang dibentuknya, meninggalkan perusahaan. Para anggota iKON juga memilih untuk tidak memperpanjang kontrak mereka dengan agensi. Dengan demikian, saat ini, semua mata industri K-pop tertuju pada apakah YG akan dapat membuat terobosan dengan dukungan BLACKPINK.

BLACKPINK, yang terkenal dengan lagu-lagu hitsnya seperti "How You Like That" (2020), baru-baru ini mengakhiri tur dunia keduanya - tur dunia terbesar yang pernah ada untuk girl group K-pop, yang menarik 1,8 juta penonton konser di seluruh dunia, dengan pendapatan kotor sekitar $ 260 juta.

Baca juga: Dua Laga Terakhir Lini Depan Persik Miliki Masalah Besar, Pasti Ada yang Salah

Selain kesuksesan tur mereka, BLACKPINK juga memiliki eksistensi online yang luar biasa, dengan lebih dari 92 juta pelanggan di YouTube, menjadikan mereka musisi yang paling banyak diikuti di platform tersebut secara global.

Menyoroti pujian internasional mereka, kuartet ini bulan lalu dianugerahi penghargaan sebagai Member of the Most Excellent Order of the British Empire (MBE) oleh Raja Charles III. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya mereka dalam mempromosikan kelestarian lingkungan, sebagai duta besar Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2021 di bawah kepresidenan Inggris.**