Helo Timor Leste

Pesawat Tergelincir Menabrak Dinding Bandara Patah Jadi Dua, Tidak Ada Korban

Satwika Rumeksa - Internasional
Kamis, 13 Jul 2023 15:41
    Bagikan  
Tergelincir
Istimewa

Tergelincir - Pesawat tergelincir dari landasan

HELOTIMORLESTE.COM - Momen mencengangkan ketika sebuah pesawat tergelincir di landasan pacu sebelum menabrak tembok bandara.

Penerbangan penumpang di Somalia baru saja mendarat di landasan dan sedang meluncur ketika tiba-tiba berbelok keluar landasan.

Pesawat terlihat menabrak dinding bandara dan tampaknya patah menjadi dua.

Halla Airlines mengatakan 30 penumpang dan empat awak berada di dalam pesawat ketika pesawat itu jatuh dan terbelah menjadi dua bagian.

Kokpit sebagian terlepas, dan pilot mengatakan tidak ada masalah sebelum cobaan itu.

Baca juga: Inilah 4 Smartphone 5 G Pilihan yang Harganya Cuma Satu Jutaan

Meskipun seorang pejabat mengatakan kepada media lokal bahwa kesalahan pilot tampaknya menjadi alasan di balik kecelakaan yang mengerikan itu.

Otoritas Penerbangan Sipil Somalia mengatakan: "Tidak ada korban jiwa dari kecelakaan itu kecuali luka ringan."

Patah

Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya mengatakan: "Fakta akan ditetapkan setelah perekam suara kokpit dan kotak hitam dianalisis."

Insiden itu kemudian menjadi viral di media sosial.

Seseorang berkata: "Semua hal dipertimbangkan, saya pikir pilot melakukan pekerjaan dengan baik."

Yang lain menimpali: "Hei, setidaknya mereka mendarat."

Awal tahun ini, sebuah pesawat yang membawa 100 orang hampir meluncur dari landasan yang tertutup salju saat melakukan pendaratan horor.

Rekaman mengerikan mengungkapkan jet AirBaltic berbelok dari landasan pacu dingin di bandara Riga di Latvia setelah berjuang untuk berhenti dalam kondisi beku.

Video TikTok yang difilmkan oleh seorang penumpang menunjukkan pesawat turun di atas jalan raya dan ladang yang tertutup salju dalam pendaratan yang tampaknya normal.

Jet mendarat dan mencoba menginjak rem selama 30 detik sebelum meluncur ke kanan dan meluncur dari landasan yang tertutup es.

Baca juga: Sejarah Timor Leste di Zaman Portugis Disebut Provinsi Seberang Laut Atau Ultramar Hingga Kebudayaan Megalitik

Rekaman menunjukkan pesawat berhenti total di sudut kanan, dengan pemandangan lampu landasan pacu dari jendela penumpang.

Kapten terdengar segera memberi tahu awak kabin: "Perhatian kru di stasiun."

AirBaltic mengonfirmasi roda hidung tergelincir dari landasan tak lama setelah jam 9 malam pada hari Rabu setelah terbang dari Paris.

Semua 89 penumpang dan tujuh awak dibawa dengan aman ke terminal, dan pesawat dibawa pergi untuk diperiksa.

Tidak ada cedera yang dilaporkan.

Landasan pacu ditutup selama tiga jam untuk menangani insiden tersebut dan maskapai mengalihkan empat penerbangan masuk lainnya.**