Helo Timor Leste

Spanyol Akan Beri Dukungan Kerjasama Sektor Ekonomi, Pariwisata dan Lingkungan Hidup di Timor Leste

Dodo Hawe - Internasional
Jumat, 14 Jul 2023 17:52
    Bagikan  
DUKUNGAN
Tatoli Agency

DUKUNGAN - Duta Besar (Dubes) Spanyol untuk Indonesia dan Timor-Leste, Francisco Aguilera Aranda saat bertemu Wakil PM Francisco Kalbuadi Lay, Kamis (13/7/2023).

HELOTIMORLESTE.COM - Negara Spanyol akan memberikan dukungan bagi Timor Leste terkait pengembangan sektor Ekonomi, Pariwisata dan Lingkungan Hidup.

Hal itu diutarakan Duta Besar (Dubes) Spanyol untuk Indonesia dan Timor-Leste, Francisco Aguilera Aranda bertemu Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pariwisata dan Lingkungan Hidup, Francisco Kalbuadi Lay di Dili Timor Leste beberapa waktu lalu.

Pemerintah Spanyol berkomitmen bagi Timor-Leste khususnya untuk mengembangkan tiga sektor utama seperti ekonomi, pariwisata, dan lingkungan hidup.

Dubes Francisco Aguilera Aranda mengungkapkan sangat beruntung mengenal anggota baru pemerintahan baru Timor Leste dan pasti Spanyol tertarik untuk mengembangkannya dengan Timor Leste.

"Niat saya di sini adalah untuk dapat berbagi dengan Wakil Perdana Menteri dan juga untuk lebih mengenal kehidupan pribadi mereka dari pemerintahan baru,” jelas Dubes Spanyol di Farol, Kamis (13/7/2023).

Baca juga: Destinasi Wisata di Pulau Atauro Timor Leste dari Bawah Laut, Trakking hingga Menjelajah Budaya Desa

Dilansir kantor berita Tatoli, Dubes Francisco menjelaskan, ini bukan pertemuan teknis tetapi hal terpenting yang harus Spanyol lakukan adalah bersedia membantu pemerintah Timor-Leste agar dapat melaksanakan proyek-proyek di negara ini.

Bahkan iapun mengakui sampai saat ini belum memiliki residen resmi Kedubes Spanyol di Timor-Leste.

Tetapi setiap tiga minggu sekali timnya selalu mengujungi Timor-Leste untuk menjalankan misi untuk kenegaraan.

Baca juga: Menarik Wisatawan Kabupaten Biak Numfor, Papua Gelar Festival Biak Munara Wampasi dengan Snap Mor

Sementara Francisco Kalbuadi Lay yang juga menjabat sebagai Menteri Kordinator Bidang Ekonomi menghargai kunjungan tersebut dimana keduanya akan saling mendukung dalam sektor pariwisata dan lingkungan hidup.

"Kehadiran mereka disini membahas kerjasama antar kedua negara di masa depan dan mereka akan memfasilitasi berbagai dukungan teknis pada sumber daya manusia dan lainnya," ucapnya. **