Helo Timor Leste

Polisi Timor Leste Berhasil Tangkap Buron Kasus Korupsi Pupuk NTT

Aditya - Internasional
Minggu, 16 Jul 2023 21:35
    Bagikan  
Ilustrasi
Free pick

Ilustrasi - Ilustrasi tangan diborgol

HELOTIMORLESTE.COM -

Kalumban Mali, pria asal Nusa Tenggara Timur (NTT), buron kasus korupsi pengadaan pupuk pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTT, berhasil ditangkap oleh kepolisian Timor Leste.

Selain kasus korupsi, Kalumban juga terlibat kasus manipulasi dokumen atas nama dirinya sebagai warga negara Timor Leste, dengan mengganti paspor dengan nama Leonardo Benigno Tilman, kelahiran Kota Madya Bobonaro.

Baca juga: Xanana Gusmao Selalu Lolos dari Sergapan Tentara Indonesia dengan 3 Azimat

"Pelaku ditangkap di kediamannya di Fomento, Dili, Timor Leste, Rabu (5/6/2023) lalu," kata Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejaksaan Tinggi NTT Abdul Hakim, kepada Minggu (16/7/2023).

Setelah Kalumban Mali ditangkap polisi Timor Leste juga mengamankan dokumen penting lainnya seperti, surat akta kelahiran yang dikeluarkan oleh oknum di Kementerian Kehakiman Timor Leste, kartu tanda pengenal Timor Leste, serta akta pernikahan dari salah satu gereja di Timor Leste.

Baca juga: Mengapa Penampilan Jungkook BTS Selalu Dibandingkan dengan Michael Jackson

"Saat ini, kita dari Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur yang mengeluarkan DPO sejak tahun 2017, sedang berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia untuk Timor Leste, terkait proses hukum selanjutnya," kata Abdul.

Komunikasi dengan Kedutaan Besar serta Konsulat di Dili, sedang dibahas untuk mengetahui proses hukum, apakah diekstradisi atau tidak, karena belum adanya perjanjian bilateral terkait penanganan hukum antar kedua negara.

Sebelumnya diberitakan Kalumban Mali kabur dari Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang saat proses persidangan sedang berlangsung.

Setelah kabur, pihak Kejaksaan Tinggi NTT lalu melaporkan ke Kejaksaan Agung dan langsung mengeluarkan surat DPO.***