Helo Timor Leste

Timor Leste Ternyata Punya Hubungan Baik dengan Salah Satu Partai di Indonesia

Kamis, 3 Aug 2023 19:05
    Bagikan  
Xanana
RRI

Xanana - Timor Leste Punya hubungan dengan salah satu partai di Indonesia

HELOTIMORLESTE.COM -

Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao menyampaikan bahwa hubungan antara Indonesia dan Timor Leste yang telah terjalin dengan sangat baik di berbagai bidang baik ekonomi, budaya, hingga politik.

Namun hubungan Timor Leste dengan Indonesia tersebut terjalin, berkat upaya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang didirikan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Baca juga: Pentingnya Hubungan Personal Australia dengan Timor Leste

"Hubungan positif antar negara kita sebagian besar disebabkan oleh visi dan kerja keras Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam mendukung perdamaian, rekonsiliasi, dan rasa hormat antar bangsa," ujar Xanana dalam keterangan resminya di Jakarta, beberapa hari yang lalu.

Bahkan Xanana menyebut, PKB punya andil besar dalam mendukung perdamaian, rekonsiliasi, serta hubungan harmonis antar bangsa sebagaimana diwariskan oleh Presiden ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.  

Baca juga: Proyek Fiber Optik Timor Leste-Australia untuk Jaringan Internet Segera Direaliasikan, Begini Progresnya

PKB dinilai Xanana juga catatan sejarah yang penting dalam tatanan masyarakat Indonesia. Sebab, yakni saat Indonesia terdampak krisis, PKB memainkan peran penting dalam transisi Indonesia menuju demokrasi yang kuat dan berkembang, penganjur reformasi, perbaikan hingga pembangunan bangsa di Indonesia.

"Yang penting, PKB adalah pendukung kuat masyarakat pedesaan, perempuan dan kaum duafa serta tetap teguh dalam mempromosikan keberagaman dan toleransi," katanya.

Baca juga: Akun TikTok Jungkook BTS Terbokar Tidak Sengaja, Malu Nama Ian Jadi Trending Topik

Xanana juga menyebut PKB memainkan peran penting dalam mendorong rekonsiliasi dan kerja sama antara Timor Leste dan Indonesia. Pada tanggal 29 Februari 2000, pendiri PKB, Abdurrahman Wahid adalah Presiden Indonesia pertama yang mengunjungi Timor Leste setelah pemungutan suara untuk kemerdekaan.

Saat itu Gus Dur mengadvokasi perdamaian dan kerja sama serta membuka pintu bagi pelajar Timor Leste untuk melanjutkan pendidikannya di Indonesia. Hal ini membuat dirinya menyambut hangat Gus Dur sebagai ulama besar dan simbol demokrasi abad ke-21.  

Oleh karena itu, Xanana pun mengucapkan selamat atas peringatan hari lahir (Harlah) ke-25 PKB yang puncaknya digelar di Stadion Manahan Surakarta, Jawa Tengah pada Minggu (23/7).

"Merupakan kebahagiaan yang luar biasa dapat mengucapkan selamat kepada Partai Kebangkitan Bangsa pada peringatan 25 tahunnya dan merayakan kontribusi signifikan yang telah diberikan PKB untuk Indonesia dan rakyatnya," pungkasnya.***