Helo Timor Leste

Dua F-16 Singapura Sergap Helikopter Malaysia yang Dekati Changi

Satwika Rumeksa - Internasional
Kamis, 10 Aug 2023 17:16
    Bagikan  
Sergap Helikopter
PHOTO: THE REPUBLIC OF SINGAPORE AIR FORCE/FACEBOO

Sergap Helikopter - Dua jet tempur F-16 Singapura cegat heli Malaysia

HELOTIMORLESTE.COM - RSAF mengirim dua F-16 setelah helikopter Malaysia terbang di dekat Bandara Changi; 20 penerbangan tertunda

Dua jet tempur F-16 Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) diterbangkan pada Rabu sore setelah sebuah helikopter terdaftar Malaysia terbang di atas Selat Singapura di sebelah timur Bandara Changi.

Kementerian Pertahanan (Mindef) dan Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa pesawat-pesawat tempur itu terbang pada pukul 12.40 siang.

“Setelah memastikan keamanan kami tidak terganggu, F-16 kemudian dihentikan,” kata pernyataan itu.

“Pemeriksaan awal menunjukkan bahwa helikopter itu berjenis sipil dan terdaftar di perusahaan asing.”

Baca juga: Dalam Tiga Tahun 4.000 Anak Muda Indonesia Jadi WN Singapura

Operasi di Bandara Changi terpengaruh antara pukul 12.50 dan 13.28, dengan sembilan penerbangan kedatangan dan 11 pesawat keluar tertunda.

Mindef dan CAAS menanggapi pertanyaan dari The Straits Times, setelah platform media sosial pengguna X @ alert5 memposting pada pukul 13.10 tentang Singapura mengirim pesawat F-16 sebagai tanggapan atas helikopter terdaftar Malaysia yang memasuki wilayah udara dekat Bandara Changi.

Unggahan @alert5 menyertakan tangkapan layar dari situs pelacakan penerbangan FlightRadar24, yang menunjukkan bagian dari jalur penerbangan helikopter, serta pendaftarannya – 9MCGA.

Pengguna X @RXRoy juga memposting tentang insiden tersebut, dengan tangkapan layar FlightRadar24 dari jalur dan registrasi helikopter, dan mengatakan jet RSAF diluncurkan dari Pangkalan Udara Tengah.

Pemeriksaan Straittimes di FlightRadar24 menunjukkan bahwa helikopter Airbus H125 lepas landas dari Bandara Internasional Johor Bahru Senai sekitar pukul 12.10 siang waktu Singapura dan terbang ke timur di atas Semenanjung Malaysia menuju Johor Bahru dan Ulu Tiram.

Baca juga: Ricuh Eksekusi Rumah di Dukuh Pakis, Toni Kasmiri kepada Wawali: Bapak Jangan Alangan Tugas Kami!

Pada pukul 12.28 siang, pesawat berbelok ke selatan di sekitar Sungai Lebam di Malaysia, menuju Pengerang, dan melanjutkan haluan ini hingga melewati perairan di sebelah timur Bandara Changi sekitar pukul 12.40 siang.

Helikopter, yang telah terbang di ketinggian antara 700 kaki dan 1.200 kaki, turun hingga serendah 400 kaki saat mengelilingi daerah tersebut selama sekitar 20 menit, sebelum menuju timur laut dan mendarat di dekat Kantor Polisi Bayu Damai, menurut ke situs pelacakan penerbangan FlightAware.

Menurut situs pelacakan penerbangan, helikopter mengambil penerbangan 37 menit lagi pada pukul 15.08, sebelum terbang kembali ke Senai di atas Semenanjung Malaysia pada pukul 16.19, mendarat di bandara pada pukul 17.13.**