Helo Timor Leste

Timor Leste Akan Mengirimkan Staf ke Jakarta untuk Dilatih Sebelum Menjadi Anggota Penuh ASEAN

Dodo Hawe - Internasional
Kamis, 17 Aug 2023 08:48
    Bagikan  
Bendera ASEAN
Istimewa

Bendera ASEAN - Inilah bendera negara-negara yang tergabung dalam ASEAN

HELOTIMORLESTE.COM -  Pemerintah Timor Leste akan memberikan kontribusi anggaran sebesar US $100 ribu kepada Sekretariat ASEAN di Jakarta.

Dewan Menteri Timor Leste telah memutuskan untuk memberikan kontribusi sebesar US $100 ribu guna untuk kebutuhan administrasi dan teknis di kesekretarian di Jakarta.

Menteri Kepresidenan Dewan Menteri, Agio Pereira mengatakan di Istana Negara, Kota Dili, Rabu (16/8/2023) usai menggelar rapat dengan Perdana Menteri, Kay Rala Xanana Gusmao.

"Sumbangan ini dimaksudkan untuk belanja administrasi dalam lingkup pekerjaan teknis di Sekretariat yang berkedudukan di Jakarta," kata Agio Preira seperti dilansir kantor berita Tatoli.

Baca juga: Timor Leste Kekurangan SDM Sebagai Negara Peninjau Pertemuan, untuk Persyaratan Menjadi Anggota ASEAN Penuh

Seperti kita ketahui Sekretariat ASEAN mampu memberdayakan pejabat lini di bidang ekonomi, sosial, politik, dan budaya, sementara Timor Leste kini dalam proses untuk menjadi anggota penuh ASEAN.

Selanjutnya, pemerintah Timor Leste akan bekerjasama dengan Indonesia untuk mengirimkan staf dari kementerian terkait ke Jakarta.

Para staf dari kementerian terkait ke Jakarta untuk dilatih masalah persiapan teknis guna mempelajari sistem dan kerja teknis ASEAN.

Baca juga: Untuk Menjadi Anggota ASEAN Penuh Timor Leste Harus Menyiapkan Beberapa Hal ini

Hal ini sebagai sarana untuk memberikan pengetahuan kepada Timor-Leste untuk bergabung dalam asosiasi negara tersebut.

Dimana Timor Leste telah mengajukan permohonan keanggotaan ASEAN sejak 2011, sehingga saat ini masih menjadi anggota pengamat.

Di sisi lain, Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama terus menganalisis secara mendalam kebijakan dan kerangka peraturan, yang akan disampaikan kepada dewan menteri untuk disetujui.

Baca juga: Setelah Menjadi Anggota ASEAN, Timor Leste Akan Melakukan Langkah Strategis ini

Selain penjabaran dokumen perdagangan eksternal dan kerangka hukum, dimana negarASEAN terdiri dari 10 negara: Kamboja, Indonesia, Laos, Vietnam, Malaysia, Singaura, Kamboja, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam.

Meskipun Timor-Leste saat ini belum menjadi anggota penuh secara hukum ASEAN, Timor-Leste telah berpartisipasi dalam berbagai acara asosiasi tingkat tinggi dengan negara-negara anggota lainnya. **