Helo Timor Leste

Momen Berita Viral di Indonesia, PM Xanana Gusmao Cium Tangan Ibu Negara di Hadapan Presiden Jokowi

Dodo Hawe - Internasional
Rabu, 6 Sep 2023 14:56
    Bagikan  
VIRAL
sekretariat presiden/ tangkapan layar

VIRAL - Momen aksi cium tangan PM Kay Rala Gusmao kepada ibu negara Iriana Jokowi menjadi viral di Indonesia.

HELOTIMORLESTE.COM - Momen aksi cium tangan yang dilakukan Perdana Menteri (PM) Kay Rala Xanana Gusmao saat penyambutan kepala negara pada KTT ASEAN di Jakarta viral di Indonesia, beberapa hari belakangan ini.

Aksi cium tangan Xanana kepada Ny Iriana Jokowi itu hampir semua media mainstream di Indonesia menyiarkan berita dan foto tersebut.

Peristiwa itu terjadi ketika ibu negara Iriana Jokowi bersama suaminya Presiden Joko Widodo sedang menyambut kedatangan para kepala negara yang hadir pada KTT ASEAN ke-43 di Jakarta.

Baca juga: Saat Xanana Gusmao Cium Tangan Iriana Jokowi

Menjelang pembukaan KTT sejumlah kepala negara diterima depan pintun masuk lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN di Jakarta Covention Center (JCC), komplek Senayan Jakarta itu.

Saat itu PM Xanana mengenakan stelan jas warna hitam langsung berjalan menuju ke arah Presiden Jokowi berjajar dengan istrinya Iriana Jokowi yang ada di sampingnya.

PM Xanana yang datang sendirin tiba-tiba terlebih dahulu memberika ucapan salam ke arah ibu negara Iriana Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak PM Xanana Bentuk Kawasan Ekonomi Perbatasan Timor Leste-Indonesia

Pejuang kemerdekaan Timor Leste yang kini memimpin pemerintahan Timor Leste ini, ketika berjalan sudah mendekati, bukanya langsung menuju ke arah Presiden Jokowi, tetapi langsung menghampiri istri Presiden Jokowi, Ibu Iriana Jokowi.

PM Xanana langsung mengulurkan tangan ke arah Ibu Iriana dan mencium tangannnya, terlihat sambil membungkukan badannya.

Ibu Iriana Jokowi yang mengenakan kebaya dan kerudung bernuansa biru membalas sedikit menunduk ketika Xanana mencium tangan sambil membungkuk.

Baca juga: PM Xanana Sebut Timor Leste Bergabung Dengan ASEAN, Karena Ingin Menjadi Bagian dari Kisah Sukses

Ibu Iriana yang berada di dekat Presiden Jokowi mendapat perlakuan seperti terlihat kaget, sepertinya tidak menyangka terjadi adegan seperti itu.

Menyaksikan adegan tidak biasa di Indonesia itu, Presiden Jokowi yang ada di dekat istrinya hanya melihat sambil tersenyum saja.

Setelah menyalami dan mencium tangan ibu negara, Xanana baru memberi salam dan mengulurkan tangan kepada Presiden Joko Widodo.

Bagi masyarakat di negaranya Timor Leste, seperti merupakan hal yang lumrah khususnya, yang menjadi kebiasaan PM Xanana Gusmao.

Kebiasaan yang tidak membatasi dengan rakyatnya merupakan kebiasaan sehari-hari Xanana yang memiliki kedekatan dengan rakyatnya, tanpa memberikan jarak antara dirinya dengan rakyat Timor Leste.

Baca juga: PM Xanana, Pengusiran Diplomat Timor Leste dari Myanmar Tak Berdampak Keanggotaan ASEAN Negaranya

Kebiasaan Xanana itu, tetap saja sangat humanis tidak berubah ketika sejak sebelum menjadi pejabat hingga sekarang ia menjabat sebagai Perdana Menteri ke-9 Timor Leste ini.

Seperti di negaranya di Timor Leste, PM Xanana kerap memberi perlakuan khusus kepada seorang perempuan tanpa pandang bulu, salah satunya dengan cara mencium tangannya.

Begitu juga dengan anak, di negaranya Xanana sering memberikan perhatian istimewa kepada mereka, seperti memanggul di pundaknya saat bertemu anak-anak saat berkunjung ke daerah-daerah.

Baca juga: Pemerintahan Timor Leste Pimpinan Xanana Gusmao, Mengutuk Keras Pengusiran Diplomatnya di Myanmar

Bahkan pada saat ulang tahun ke-77 Xanana Gusmao pertama kali merayakan ulang tahunnya bersama anak-anak di pinggiran Kota Dili sambil membagi-bagi kan makanan kecil kepada mereka.

Tak hanya itu, dalam perayaan kemerdekaan HUT RI ke-78 yang digelar di Plaza Timor, Kota Dili, PM Xanana Gusmao terlihat datang lebih awal.

Tak segan-segan ketika mendengarkan lagu-lagu dari artis yang menghiburnya di acara itu, tanpa ragu-ragu PM Xanana langsung berjoget sendirian.

Baca juga: Xanana: Tanpa Resolusi Konflik Myanmar, Timor Leste tak akan Masuk ke Blok ASEAN

Tak lama kemudian mengajak seoarang anak kecil yang mebawa bendera merah putih diajak berjoget berdua sambil menikmati alunan lagu berbahasa Indonesia.

Pria berusia 77 tahun itu sangat menikmati malam acara hiburan perayaan HUT RI hingga acaranya berakhir, yang merupakan peristiwa jarang dilakukan oleh seorang pejabat tinggi dimanapun.

Bahkan Xanana bersama Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta naik pangung turut memberi sambutan dan mengajak foto bersama dengan para artis dari Indonesia. **