Helo Timor Leste

Timor Leste Gandakan Kerja Sama dengan G77+Tiongkok

Satwika Rumeksa - Internasional
Senin, 18 Sep 2023 13:14
    Bagikan  
KTT G77+China
Latina Prensa

KTT G77+China - Suasana KTT Global South G77+China

HELOTIMORLESTE.COM - Timor Leste pada hari Sabtu di Kuba menyatakan komitmennya untuk terus bekerja sama dengan G77 + Cina untuk mempertahankan prinsip kesetaraan dalam tatanan ekonomi dan sosial global.

Menteri Luar Negeri dan Kerjasama negara Asia, Bendito dos Santos Freitas, mengatakan bahwa mereka akan terus mempertahankan tujuan tersebut dengan semangat keterbukaan dan kerjasama, dengan tujuan untuk mencapai kemajuan dalam aspirasi yang ditetapkan dalam Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Berbicara pada KTT yang berakhir pada hari Sabtu di Havana, Bendito dos Santos Freitas menekankan bahwa pertemuan dua hari ini menekankan kebutuhan mendesak untuk mempromosikan tatanan internasional yang lebih adil bagi negara-negara di Global South.

Baca juga: Indonesia Pasok Produk Girder ke Timor Leste Senilai Rp7,8 Miliar

Timor Leste mengakui bahwa G77+China, sebagai organisasi antar pemerintah terbesar dari negara-negara berkembang dalam sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa, memainkan peran strategis tidak hanya dalam mempromosikan kepentingan bersama, tetapi juga dalam meningkatkan kapasitas negosiasi bersama pada isu-isu global yang penting, kata Bendito dos Santos Freitas.

Dia menambahkan bahwa mereka sangat menghargai peran penting kelompok ini dalam mempromosikan dan membela kepentingan bersama di wilayah selatan, terutama melalui Agenda 2030, yang menguraikan rencana aksi yang belum pernah terjadi sebelumnya berdasarkan tindakan kolaboratif negara-negara.**