Helo Timor Leste

Alasan Tentara Israel Suka Pakai Topi Koki Ketimbang Helm Baja Biasa

Sabtu, 28 Oct 2023 21:03
    Bagikan  
mitznefet
Istimewa

mitznefet - Tentara Israel memakai topi koki atau mitznefet

HELOTIMORLESTE.COM -

Negara Israel hampir selalu berada dalam kondisi perang sejak kemerdekaannya pada tahun 1948. Dari konflik Arab-Israel hingga operasi tempur di Jalur Gaza.

Oleh karena itu pasukan Pertahanan Israel (IDF) yang telah memperoleh banyak pengalaman dalam peperangan lantas membuatbperangkat yang sederhana, aneh, namun efektif adalah mitznefet yang bentuknya mirip topi koki sebagai pengganti helm tempur. untuk memperlengkapi IDF dengan lebih baik untuk pertempuran di masa depan.

Baca juga: Ternyata Hamas Sudah Siap Menjebak IDF dengan Terowongan Labirin, Masuk Kota Pasti Tewas

Kadang disebut sebagai “topi koki” karena kemiripan visualnya dengan tutup kepala tukang kuliner, mitznefet pertama kali digunakan dalam layanan IDF pada tahun 1994.

Apakah mitznefet efektif?

Mitznefet yang lebih besar dari helm yang ditutupinya, memecah garis khas kepala manusia yang memakai helm untuk menyembunyikan prajurit di medan perang terbuka dengan lebih baik.

Dengan desain penutup helm seperti ini dapat mencegah pantulan cahaya dari tutup kepala pelindung prajurit. Mitznefet juga telah terbukti.bagi pasukan IDF selama pertempuran terakhir dalam konflik Lebanon Selatan, untuk menghindari luka tembak kepala.

Baca juga: Biar Gak Kudet, Perhatikan Kendaraan Tentara Israel Bukan SUV, Tapi MRV hingga ULAV

Penutup helm baja ini semula terbuat dari kain jaring, mitznefet kemudian dibuat dengan bahan kamuflase dua sisi yang dapat dibalik; satu sisi untuk lingkungan gurun dan sisi lainnya untuk lingkungan hutan.

Pada tahun 2013, produsen peralatan taktis Israel, Agilite, mengumumkan produk yang menampilkan pola kamuflase MultiCam yang populer.

Kini Mitznefet telah menjadi perangkat khas Israel (IDF), mulai dari pasukan cadangan hingga pasukan reguler dan bahkan pasukan khusus. Meskipun beberapa sampul awal dibuat sendiri, mitznefet telah menjadi perlengkapan standar di IDF.

Meskipun belum secara resmi diadopsi di luar Israel, mitznefet Agilite MultiCam tidak dibatasi ekspor dan tersedia untuk pembelian komersial, termasuk di Amerika Serikat.***