Helo Timor Leste

India Kirim Kapal Perang Setelah Pembajakan Kapal Berbendera Liberia di Laut Arab

Satwika Rumeksa - Internasional
Jumat, 5 Jan 2024 20:20
    Bagikan  
Kapal Perang India
Reuters: Shailesh Andrade

Kapal Perang India - INS Kolkata salah satu kapal perang yang dikirim ke Laut Arab

HELOINDONESIA.COM - Sebuah kapal perang Angkatan Laut India sedang bergerak menuju kapal berbendera Liberia yang dibajak di Laut Arab, dan pesawat-pesawat sedang memantau situasi dengan cermat, kata Angkatan Laut India pada hari Jumat.

Setidaknya 15 awak India berada di kapal MV Lila Norfolk, yang dibajak di dekat pantai Somalia dan angkatan laut menerima informasi tentang hal itu pada Kamis malam, kantor berita India ANI, di mana Reuters memiliki saham minoritas, melaporkan sebelumnya, mengutip pejabat militer. .

Kapal tersebut mengirim pesan ke portal Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) yang mengatakan lima hingga enam personel bersenjata tak dikenal telah menaiki kapal pada malam tanggal 4 Januari, kata pernyataan angkatan laut India.

Kapal itu berada 460 mil laut di sebelah timur pantai Somalia ketika mengirim pesan tersebut, kata UKMTO.

Sebuah kapal perang India, INS Chennai, dialihkan dan dikerahkan untuk membantu kapal tersebut, kata pernyataan itu, menambahkan bahwa sebuah pesawat angkatan laut terbang melintasi kapal yang dibajak pada hari Jumat dan melakukan kontak dengannya.

Angkatan Laut India telah meningkatkan pengawasannya terhadap Laut Arab setelah serangkaian serangan baru-baru ini di wilayah tersebut.

Baca juga: Rucking Olahraga Berusia Ratusan Tahun Ini Manfaat Kebugaran yang Didapatkan untuk Tubuh Anda

Pembajakan kapal komersial dan percobaan pembajakan oleh tersangka perompak di dekat Teluk Aden dan kawasan Laut Arab kembali terjadi pada bulan Desember setelah jeda selama enam tahun. Para ahli meyakini hal ini terjadi karena pasukan angkatan laut yang dipimpin AS telah mengalihkan perhatian mereka ke Laut Merah untuk menggagalkan serangan Houthi.

Data dari Pusat Penggabungan Informasi Angkatan Laut India - Kawasan Samudera Hindia menunjukkan setidaknya ada tiga pembajakan pada bulan Desember. Kejadian serupa sebelumnya dilaporkan pada tahun 2017.

“Kebangkitan kembali pembajakan dan serangan kapal secara tiba-tiba hanya dapat dikaitkan dengan kesediaan para perompak untuk mengambil keuntungan dari fakta bahwa fokus kekuatan maritim anti-pembajakan sebagian besar telah bergeser dari Teluk Eden ke Laut Merah,” Abhijit Singh, kata kepala Inisiatif Kebijakan Maritim di lembaga pemikir Observer Research Foundation di New Delhi.

Baca juga: Le Sserafim Duduki Puncak Peringkat Penjualan Tahunan Oricon Jepang untuk Pemula

Awal pekan ini, angkatan laut mengatakan telah menyelidiki sejumlah besar kapal penangkap ikan dan menaiki kapal-kapal yang memiliki kepentingan di Laut Arab Utara dan Tengah.

“India memainkan peran sebagai penyedia keamanan bersih di seluruh kawasan Samudera Hindia. Kami akan memastikan bahwa perdagangan maritim di kawasan ini meningkat dari laut hingga ke ketinggian di langit,” Menteri Pertahanan Rajnath Singh mengatakan bulan lalu tentang peningkatan pengawasan di India. wilayah.

India bukan bagian dari gugus tugas Laut Merah yang dipimpin AS.**