Helo Timor Leste

Tentang Pembahasan Wilayah Darat Perbatasan Xanana Gusmao-Jokowi Sepakati Poin-poin ini

Dodo Hawe - Internasional
Sabtu, 27 Jan 2024 11:59
    Bagikan  
KUNJUNGAN KERJA
Xanana ba Ema Hotu/facebook

KUNJUNGAN KERJA - PM Xanana Gusmao saat bertemu dengan Presiden Indonesia Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Indonesia, Jumat (26/1/2024).

HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Timor Leste dan Indonesia akan mengadakan pertemua bilateral dalam waktu dekat ini untuk membahas perbatasn darat Timor Leste-Indonesia.

Seperti dikatakan sebelumnya mengenai masalah perbatasan, kedua negara memandang negosiasi tentang batas darat antara Indonesia dan Timor-Leste sebagai prioritas dan mengharapkan negosiasi ini dapat diselesaikan dalam waktu dekat.

Dalam pertemuan Pemerintah Timor-Leste yang dipimpin oleh PM Xanana Gusmao dan Presiden Joko Widodo untuk secepatnya membahas perbatasan darat antara Timor Leste dan indonesia.

Baca juga: PM Xanana Gusmao Menyebut KasusPerbatasan Darat Natuka Baru Konfirmasi dan Konsolidasi dengan Indonesia

PM Xanana Gusmao mengatakan pertemuan bilateral ini bertujuan untuk mempererat hubungan Timor-Leste dan Indonesia, serta mengembangkan kerja sama yang positif, khususnya dalam mengevaluasi kerja tim perbatasan selama ini.

"Saya mengapresiasi kerja tim perundingan perbatasan dalam menyelesaikan kesepakatan antara Timor-Leste dan Indonesia. Kami menyepakati perbatasan darat dan perbatasan darat, kecuali ruas Noel Besi-Citrana Oe-cusse yang belum terselesaikan," kata Ketua Perundingan Perbatasan seperti dilansir kantor berita Tatoli, Sabtu (27/1/2024).

Baca juga: Masalah Perbatasan Timor Leste-Indonesia, Perjanjian Belanda-Portugus 1904 Menjadi Acuan Penyelesaian

Dalam jumpa pres bersama PM Xanana dan Presiden Jokowi menyepakati perjanjian perbatasan antara Timor-Leste dan Indonesia, dengan komite perbatasan gabungan mengawasi perbatasan darat.

Kedua, Timor-Leste dan Indonesia sepakat untuk mengembangkan kompromi dengan pemerintah Timor-Leste untuk menciptakan iklim investasi yang baik, melalui perjanjian perlindungan investasi.

Jokowi mengapresiasi kepercayaan yang ditunjukkan Timor Leste kepada BUMN Indonesia dalam berbagai proyek seperti pembangunan jalan di Oé-Cusse dan pembangunan bandara internasional di Presiden Nicolau Lobato Comoro, Dili.

Baca juga: Sepeda Motor Gres Kawasaki Ninja Vixion Hilang di Perbatasan Timor Leste, Kini Telah Ditemukan dan Dikembalikan

Kedua negara juga menandatangani perjanjian bilateral di bidang teknologi informasi untuk bekerja sama di bidang infrastruktur telekomunikasi.

Termasuk rencana investasi serat optik, dan terakhir, bersama dengan ASEAN, Indonesia telah berkomitmen untuk mendukung aksesi Timor-Leste ke dalam organisasi tersebut. **