Helo Timor Leste

Restorasi Kemerdekaan ke-22 Timor Leste, AS Ucapkan Selamat, Brunai Ingin Bekerjasama Lebih Erat

Rabu, 22 May 2024 20:28
    Bagikan  
Amerika dan Brunai
Istimewa

Amerika dan Brunai - Timor Leste mebdapatkan ucapan selamat dari beberapa negara

Pemerintah Amerika Serikat mengucapkan selamat atas Hari Ulang Tahun ke-22 Restorasi Kemerdekaan Timor Leste yang dirayakan pada 20 Mei 2024 di Dili dan beberapa kota lainnya.

"Atas nama Amerika Serikat, saya mengucapkan selamat kepada rakyat Timor Leste pada Hari Restorasi Kemerdekaan Anda," ujar Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada 19 Mei 2024. Menurut Blinken, kemitraan AS dan Timor Leste didasarkan pada nilai-nilai demokrasi yang kuat.

Baca juga: Kemerdekaan Timor Leste ke 22, Gunakan Mata Uang Dolar AS, Sejarah, Alasan, dan Dampak

"Kami bekerja sama untuk memperluas kemakmuran dan peluang ekonomi, mengatasi tantangan global, dan mendukung kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Kami berharap dapat melanjutkan kerja sama erat, termasuk mendukung upaya Timor Leste menjadi anggota penuh ASEAN," tambah Blinken.

Peringatan HUT Restorasi Kemerdekaan Timor Leste dihadiri oleh Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah. Kedatangan Sultan disambut oleh Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta dan Perdana Menteri Kay Rala Xanana Gusmão di Bandara Internasional Presiden Nicolau Lobato di Dili.

Baca juga: Ucapan Selamat Kemerdakaan ke-22 Timor Leste Juga Datang dari Republik Tanjung Verde

Ini merupakan kunjungan kenegaraan pertama Sultan Bolkiah ke Timor Leste sebagai tamu kehormatan dalam perayaan HUT ke-22 Restorasi Kemerdekaan. Sultan Bolkiah dianugerahi penghargaan "Grande Colar Orden Timor Leste" sebagai pengakuan atas kontribusinya terhadap perdamaian dan stabilitas regional serta perannya di ASEAN.

Ramos Horta memuji hubungan erat antara Brunei dan Timor Leste, terutama dalam industri minyak dan gas. Ia juga memuji Sultan Bolkiah sebagai pemimpin global yang luar biasa dan Brunei sebagai mercusuar perdamaian dan stabilitas.

Presiden Horta menyampaikan terima kasih atas dukungan Sultan Bolkiah terhadap aksesi Timor Leste ke ASEAN dan menyoroti pencapaian ekonomi Brunei sebagai model bagi kawasan ini. Ia menyerukan perluasan kerja sama di berbagai sektor seperti pariwisata, pendidikan, kesehatan, dan perlindungan lingkungan.***