Helo Timor Leste

Armada 83 Kapal Angkatan Laut China Meninggalkan Dili, Misi Berjalan Sukses

Rabu, 5 Jun 2024 16:34
    Bagikan  
Kapal perusak China
Istimewa

Kapal perusak China - Ilustrasi

Helotimorleste- Pada tanggal 3 Juni 2024, armada 83 kapal Angkatan Laut Tiongkok yang terdiri dari berbagai jenis kapal perang canggih, termasuk kapal perusak rudal, fregat, kapal pendarat, dan kapal tanker, telah menyelesaikan kunjungan persahabatannya ke Timor Timur dan berlayar keluar dari Pelabuhan Dili. Kunjungan ini menandai keberhasilan misi pelayaran armada tersebut.

Upacara Perpisahan yang Meriah

Pada pukul 09.00 waktu setempat, pihak-pihak terkait di Timor Leste mengadakan upacara perpisahan akbar di dermaga untuk melepas armada Tiongkok. Lebih dari 200 orang menghadiri acara tersebut, termasuk Duta Besar Tiongkok untuk Timor Leste Wang Wenli, Kepala Staf Angkatan Laut Timor Leste Nicolaou, Direktur Jenderal Kementerian Pertahanan Nasional Timor Leste Nuno, perwakilan perusahaan-perusahaan yang didanai Tiongkok di Timor Leste, tim medis yang membantu Timor Leste, dan orang Tionghoa perantauan.

Misi Persahabatan dan Kerjasama yang Berhasil

Selama kunjungannya, Komandan Satgas armada Tiongkok bertemu dengan Panglima Angkatan Laut Timor Leste dan pimpinan Kementerian Pertahanan Negara. Para perwira dan tentara Tiongkok mengunjungi berbagai fasilitas militer Timor Leste, termasuk Institut Penelitian Pertahanan Nasional.

Baca juga: Ramos Horta Disorot Dunia, Sebut One China Terkait Nasib Taiwan

Mereka juga mengadakan diskusi dan pertukaran informasi, permainan bola persahabatan, dan kegiatan lainnya dengan perwira dan tentara Angkatan Pertahanan Timor Leste, guru dan mahasiswa universitas, serta diplomat dari Kedutaan Besar Tiongkok di Timor Leste. Selain itu, armada Tiongkok juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan pembukaan kapal untuk masyarakat Timor Leste.

Kunjungan ini memperkuat hubungan persahabatan dan kerjasama antara Tiongkok dan Timor Leste di berbagai bidang, termasuk pertahanan, maritim, dan budaya.***