Helo Timor Leste

Cara Mengatasi Batuk Kering di Malam Hari dengan Bahan Rumahan dan Jari Telunjuk Anda

Satwika Rumeksa - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 19 Dec 2023 09:26
    Bagikan  
Batuk Malam
Pexels.com

Batuk Malam - Batuk malam hari memang menjengkelkan

HELOINDONESIA.COM - Salah satu gejala paling menjengkelkan saat ini adalah batuk kering dan mengganggu. Saat cuaca menjadi lebih dingin, tubuh kita menjadi lebih rentan terhadap berbagai penyakit, membuat kita merasa tidak enak badan.

Batuk menjadi gangguan besar, membuat sulit tidur atau melakukan kegiatan sehari-hari. Infeksi saluran pernapasan, baik di bagian atas maupun bawah, dapat memicu batuk yang terus-menerus.

Terkadang, penyebab batuk adalah proses inflamasi, sementara di lain waktu mungkin disebabkan oleh post-nasal drip atau laryngitis yang mengiritasi tenggorokan dan memicu kebutuhan untuk batuk.

Refluks lambung juga dapat memperburuk gejala dan meningkatkan batuk dengan mendorong cairan lambung ke kerongkongan.

Batuk kering, terutama di bulan-bulan yang lebih dingin, bisa sangat mengganggu dan menjengkelkan. Adapun penyebabnya adalah:

Baca juga: Mahasiswa BEM SI Datangi Kantor Wali Kota Solo Ajak Berdebat, Tapi Gibran Sudah Pergi

Infeksi saluran pernapasan: Infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) seperti pilek biasa, serta infeksi saluran pernapasan bagian bawah (IRPB) seperti bronkitis atau pneumonia, dapat memicu batuk terus-menerus karena saluran pernapasan yang teriritasi.

Peradangan: Kondisi tertentu seperti alergi atau sinusitis dapat menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan, menyebabkan batuk sebagai refleks untuk membersihkan iritasi.
Post-nasal drip: Ketika lendir dari sinus menetes ke belakang tenggorokan, itu dapat menggelitik dan mengiritasi refleks batuk, menyebabkan batuk kering.

Laryngitis: Peradangan pada laring (kotak suara) dapat membuat tenggorokan terasa gatal dan memicu batuk, terutama saat berbicara atau mencoba tidur.

Refluks lambung: Ketika asam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam), dapat mengiritasi tenggorokan dan memicu batuk, sering kali lebih buruk setelah berbaring.

Baca juga: Perhatian, Ada Peluang Kerja di Arab Saudi untuk Warga Kota Sukabumi Buruan Daftar Disini

Mengetahui potensi penyebab batuk Anda dapat membantu Anda menentukan tindakan terbaik untuk meredakan. Jika itu batuk ringan dan Anda curiga ISPA, obat rumahan dapat digunakan.

Untuk batuk yang lebih persisten atau penyebab lain yang diduga, berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan selalu dianjurkan untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Berikut adalah beberapa obat rumahan yang dapat membantu meredakan batuk kering:

- Minum banyak cairan: Cairan dapat membantu mengencerkan lendir dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.
- Menggunakan pelembap: Pelembap dapat membantu melembapkan udara dan membuat tenggorokan lebih nyaman.
- Berkumur dengan air garam: Berkumur dengan air garam dapat membantu membersihkan iritasi di tenggorokan.
- Menghirup uap: Menghirup uap dari air panas dapat membantu melembapkan tenggorokan dan meredakan peradangan.
Mengkonsumsi madu: Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan batuk.
Mengkonsumsi jahe: Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang dapat membantu meredakan batuk.
- Jika batuk Anda tidak kunjung membaik atau disertai dengan gejala lain seperti demam, sesak napas, atau nyeri dada, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Baca juga: Inilah Deretan Artis Hollywood yang Sering Beradengan Ranjang, Angelina Jolie Urutan Keenam

Jari Telunjuk Anda

Jari Telunjuk


Namun, seorang apoteker dengan lebih dari 600.000 pengikut TikTok telah membagikan obat "penyelamat" untuk meredakan batuk. Dan bagian terbaiknya? Ini tidak melibatkan obat apa pun.

Jika Anda terbangun di tengah malam karena batuk, kata apoteker tersebut, cukup tekan jari telunjuk Anda pada titik berlubang ini dan tahan selama beberapa menit. Angela, yang dikenal sebagai @angelapharmd di TikTok, menunjuk ke titik tertentu di tenggorokan dan mengatakan bahwa Anda akan segera merasa lega.

Mengakses titik-titik tekanan ini akan membantu Anda menjadi lebih baik dengan cepat. Tidaklah penting untuk menggunakan semua titik tekanan yang disebutkan. Mengakses hanya satu atau dua titik tekanan kapan pun Anda memiliki waktu luang akan sangat membantu!

Titik tekanan yang efektif ini adalah sebuah cekungan besar yang dapat ditemukan tepat di bawah jakun. Letakkan jari telunjuk Anda pada titik tekanan dan berikan tekanan selama 2 hingga 3 menit. Lakukan hal ini 3 sampai 4 kali setiap hari, setiap kali Anda merasa tersumbat di tenggorokan. Ini akan membebaskan Anda dari batuk kering, sakit tenggorokan, sesak dada, luka bakar pada jantung dan bronkitis. Hanya dengan menggunakan jari, Anda dapat membebaskan diri Anda dari kondisi-kondisi yang menjengkelkan ini.**