Helo Timor Leste

Perhatian, Ada Peluang Kerja di Arab Saudi untuk Warga Kota Sukabumi Buruan Daftar Disini

Ugu - Ekonomi
Selasa, 19 Dec 2023 00:53
    Bagikan  
PMI
Imigrasi Sampit

PMI - Ilustrasi PMI di Imigrasi

HELOINDONESIA.COM -

Pemerintah Kota Sukabumi membuka peluang bagi warganya untuk bekerja di Arab Saudi. Peluang kerja ini diinisiasi oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat dan melibatkan berbagai unsur hingga pemerintah tingkat kelurahan.

Peluang kerja ini dibuka untuk memanfaatkan dicabutnya moratorium penempatan tenaga migran Indonesia ke Arab Saudi oleh pemerintah pusat.

Baca juga: Tinggi Mana Gaji Pembantu Rumah Tangga, Antara Arab dan Hongkong 2024, Sangat Dimuliakan

Pemerintah daerah, termasuk Kota Sukabumi, melihat ini sebagai peluang untuk membuka kembali pendaftaran tenaga kerja perempuan secara prosedural dan legal.

"Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh warga mau kerja di Arab Saudi" kata Pejabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji di Sukabumi pada Senin, (18/12/23).

Namun, calon tenaga kerja migran yang ingin berangkat ke Arab Saudi wajib memiliki keahlian sesuai dengan permintaan dari Arab Saudi. Sebelum berangkat, mereka juga akan diberikan berbagai pelatihan sesuai penempatannya

Baca juga: Alasan Mengapa Nonton Video Porno di Tempat Kerja, Bahkan di Sidang DPR Walau Dihukum Berat

"Asalkan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan salah satunya berjenis kelamin perempuan usia minimal 23 tahun dan maksimal 37 tahun," imbuhnya., dilansir Antara

Pemerintah Kota Sukabumi memastikan akan terus memantau tenaga kerja yang dikirim ke Arab Saudi. Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan tenaga kerja tersebut sesuai penempatan, mendapatkan upah yang layak, dan terjamin kehidupannya.

Baca juga: Seperlima Pemuda Timor Leste Tidak Memiliki Pendidikan dan Pekerjaan

"Mereka yang lulus dan memenuhi persyaratan diberangkatkan secara gratis ke Arab Saudi, selain itu selama bekerja juga dipantau oleh pemerintah daerah sehingga hak seperti upah, asuransi hingga keselamatannya benar-benar terlindungi," tegasnya.

Selain itu, tenaga kerja yang berangkat melalui jalur ini juga mendapatkan perlindungan tenaga kerja oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Warga Kota Sukabumi, khususnya perempuan, yang ingin bekerja di Arab Saudi dapat mendaftar melalui website sijuara.jabarprov.go.id.