Helo Timor Leste

Ahli Jantung: Tambahkan Bahan Ini ke Kopi Anda Agar Jantung Lebih Sehat

Satwika Rumeksa - Ragam -> Kesehatan
Senin, 25 Mar 2024 13:50
    Bagikan  
Kopi
Pexels.com/Lina Livanka

Kopi - Jangan minum kopi jika mengonsusmsi obat

HELOTIMORLESTE.COM - Dua pertiga orang Amerika memulai hari mereka dengan secangkir kopi. Baik Anda lebih suka cangkir berwarna hitam, dengan sedikit susu, dimaniskan dengan Splenda, atau di atas es, selalu ada cara untuk menikmati minuman pagi Anda.

Namun pernahkah Anda berpikir tentang bagaimana kebiasaan minum kopi berdampak pada jantung Anda?

Mengingat penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu di AS, hal ini tentunya perlu dipertimbangkan—terutama karena kebiasaan pagi hari membantu mengatur suasana sepanjang hari. Di sini, para dokter berbagi apa yang perlu Anda ketahui tentang kopi dan kesehatan jantung, termasuk salah satu bahan yang dapat membuat secangkir kopi lebih baik untuk pendengaran Anda.

Apakah Kopi Baik untuk Jantung Anda?
Sebelum membahas apa yang harus ditambahkan (dan dihindari) ke dalam secangkir kopi Anda, mari kita mulai dengan dasar-dasarnya: Bagaimana kopi itu sendiri berdampak pada jantung? Samuel Mathis, MD, Asisten Profesor Kedokteran Keluarga di University of Texas Medical Branch, mengatakan bahwa terdapat bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa minum kopi adalah kebiasaan yang menyehatkan jantung.

“Beberapa penelitian menemukan bahwa peminum kopi memiliki lebih sedikit kejadian kardiovaskular dibandingkan dengan peminum non-kopi. Konsumsi kopi secara teratur menurunkan risiko hipertensi, gagal jantung, dan irama jantung yang tidak normal,” katanya, seraya menambahkan bahwa hal ini terjadi dengan memengaruhi reabsorpsi natrium di ginjal, menghambat respons peradangan, dan memengaruhi cara hati kita memetabolisme zat-zat tertentu.

Laxmi Mehta, MD, FACC, FAHA, FNLA, seorang ahli jantung, Profesor Klinis Penyakit Dalam di The Ohio State University Wexner Medical Center dan ahli sukarelawan dari inisiatif Go Red for Women dari American Heart Association, menambahkan bahwa minum alkohol kopi secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, penyakit Parkinson dan dapat meningkatkan metabolisme.

“Kopi juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan,” jelasnya.

Tentu saja, Dr. Mathis mengatakan bahwa penting untuk tidak minum terlalu banyak kopi; berlebihan dapat menjadi bumerang dan berdampak negatif terhadap kesehatan. Food and Drug Administration merekomendasikan minum tidak lebih dari empat atau lima cangkir kopi sehari—dan kurangi jika Anda terlalu sensitif terhadap kafein.

Cara Membuat Kopi Anda Lebih Baik untuk Jantung
Ingin menjadikan kopi Anda lebih sebagai minuman yang menyehatkan jantung? Kedua dokter menyarankan untuk menambahkan kayu manis ke dalamnya. “Beberapa penelitian menunjukkan [bahwa kayu manis] dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dan trigliserida,” kata Dr. Mehta tentang mengapa kayu manis merupakan bahan tambahan kopi yang bagus.

Dr Mathis setuju dengan hal tersebut, dengan mengatakan, “Kayu manis meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, menurunkan risiko kanker dan menambahkan efek perlindungan pada jantung dan otak kita.”

Menambahkan kayu manis ke dalam kopi Anda juga merupakan cara bebas gula untuk mempermanisnya, yang sangat bermanfaat karena kedua dokter mengatakan bahwa gula serta pengganti gula seperti Splenda dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung.

“Gula dan pemanis buatan adalah beberapa hal paling tidak sehat yang ditambahkan ke dalam kopi. Banyak pemanis buatan mengandung zat yang tidak sehat bagi tubuh kita sehingga tidak menyehatkan jantung. Pemanis ini menyebabkan peradangan pada tubuh,” jelas Dr. Mathis. Dia menambahkan bahwa bahan tambahan kopi yang tidak sehat lainnya termasuk krim manis, mentega, dan minyak, yang semuanya meningkatkan berat badan dan peradangan.

Tidak menyukai kayu manis? Dr Mathis mengatakan bahwa kakao tanpa pemanis adalah bahan sehat lainnya untuk ditambahkan ke kopi karena dikaitkan dengan mendukung tekanan darah dan kolesterol. Kakao memiliki beberapa nutrisi penting termasuk seng, zat besi dan magnesium.

Seperti yang Anda lihat, meminum kopi tidak hanya baik untuk jantung Anda, Anda juga dapat menambahkan lebih banyak rasa dan manfaat ekstra untuk menyehatkan jantung.

Kuncinya adalah tetap menggunakan herba kaya antioksidan (seperti kayu manis atau kakao) dan menghindari bahan tambahan yang mengandung gula atau bahan buatan. Dengan mengingat hal ini, Anda dapat yakin bahwa dengan setiap tegukan lezat yang Anda minum, Anda memberikan manfaat bagi tubuh Anda.**