Helo Timor Leste

Pelatihan Rehabilitasi Pohon dan Bantuan Gergaji untuk Petani Kopi Timor Leste

Dodo Hawe - Ekonomi
Sabtu, 27 May 2023 14:51
    Bagikan  
KOPI TIMOR
facebook

KOPI TIMOR - Fasilitas pemrosesan kopi Outstpan Agro Timor di Tibar, Liquisa, Timor Leste

HELOTIMORLESTE.COM - Fasilitas Pengembangan Pasar Australia (MDF) telah bekerja sama dengan pengekspor kopi Timor Leste, Outspan Agro Timor di Tibar, Liquisa, Timor Leste memberikan pelatihan rehabilitasi kopi.

Official Facebook page of the Australian Government in Timor-Leste mengatakan, selain itu MDF juga memberikan pelatihan teknik rehabilitasi kepada 3.169 petani kopi Timor Leste.

Materi yang disampaikan termasuk memberikan pelatihan penggunaan gergaji mesin yang aman kepada 40 operator gergaji mesin yang melakukan rehabilitasi kopi.

Kemudian membantu pembelian 40 gergaji mesin, perlengkapan safety seperti sarung tangan, sepatu bot, headset, pelindung wajah, serta helm untuk operator gergaji mesin.

Baca juga: Kopi Timor Leste Terbaik di Dunia. Ini Alasannya

Baca juga: Kopi Hybrido de Timor, Penyelamat Kopi di Dunia dan Lebih Dikenal dari Negaranya

Perwakilan Kedutaan besar Australia juga mengunjungi fasilitas pemrosesan kopi Outstpan Agro Timor di Tibar, Liquisa, Timor Leste.

Di pusat pengoalah kopi sempat bertemu Julia, yang baru saja lulus pelatihan cupping kopi Q-Grader, standar internasional tertinggi dalam pengujian kualitas kopi.

Pelatihan cupping kopi Q-Grader, melalui dukungan dari MDF Australia dan Assosiasaun Café Timor.

Setelah lulus pelatihan, Julia kini mendapat peran baru sebagai Senior Executive Quality Department, dengan tanggung jawab lebih besar di Outspan Agro Timor. **