Helo Timor Leste

Xanana Gusmao Resmi Dilantik Menjadi Perdana Menteri Timor Leste

Ugu - Nasional
Sabtu, 1 Jul 2023 19:29
    Bagikan  
Xanana Gusmao
Istimewa

Xanana Gusmao - Resmi dilantik menjadi PM

HELOTIMORLESTE.COM -

Xanana Gusmao resmi dilantik menjadi perdana menteri Timor Leste Sabtu (1/7). Pelantikan Xanana digelar secara terbuka di Istana Presiden Timor Leste, Aitara Laran - Dili.

Hal ini dilansir dari sejumlah akun Facebook live streaming,.salah satunya juga TV Timor Online, pelantikan Xanana Gusmao ditandai dengan pembacaan sumpah Xanana Gusmao yang dipimpin Presiden Ramos Horta.

Baca juga: KKB Minta Tebusan Rp 5 Miliar untuk Bebaskan Pilot Susi Air, Polda: Siap Membayar Dananya dari Pemda

Dengan pelantikan ini, Xanana akan menjabat PM Timor Leste untuk masa jabatan lima tahun ke depan. Xanana diketahui merupakan presiden pertama setelah Timor Leste merdeka pada 2002-2007. Xanana yang juga tokoh dalam referendum Timor-timur itu juga pernah menjadi PM pada 2007-2015.

Baca juga: Agar Indonesia Maju Jokowi Dorong Hilirisasi, IMF Malah Minta Dihentikan, Begini Respon Pemerintah

Xanana Gusmao menjadi PM setelah Partai Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor (CNRT) yang dipimpinnya memenangkan perolehan suara sekitar 42 persen.

Angka ini mengalahkan Partai Front Revolusi untuk Timor-Leste Merdeka (Fretilin) pimpinan Perdana Menteri Jose Maria Vasconcelos, yang dikenal sebagai Taur Matan Ruak, berada di urutan kedua dengan sekitar 26 persen suara.***