Helo Timor Leste

Berlinang Air Mata Xanana Ucapakan Terima Kasih Kepada Anggota Parlemen Nasional Timor Leste

Dodo Hawe - Nasional
Rabu, 19 Jul 2023 18:09
    Bagikan  
TERHARU
Xanana ba Ema Hotu/facebook

TERHARU - PM Xanana Gusmao terharu dan berlinang air mata setelah program yang dipresentasikan mendapat persetujuan Parlemen Nasional tanpa voting

HELOTIMORLESTE.COM - Secara aklamasi Parlemen Nasional Timor Leste menyetujui Program Pemerintah Konstitusional ke-IX yang dipaparkan PM Kay Rala Xanana Gusmao, Rabu (19/7/2023).

Dengan demikian keputusan persetujuan program pemerintahan PM Xanana Gusmao tanpa harus melalui voting yang berlangsung di Gedung Parlemen Nasional itu.

Dengan berlinang air mata, PM Xanana menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Parlemen Nasional, yang tidak melakukan voting untuk menyetujui program pemerintahan baru ini.

"Atas nama Pemerintah, dengan semua partisipasi yang kritik namun sangat membangun, dari kalian semua anggota Parlemen Nasional. Suara kalian, lebih berharga, terima kasih banyak," ujar Xanana dengan berlinang air mata.

Baca juga: Pemerintahan Baru Timor Leste Pimpinan Xanana Gusmao Akan Melaksanakan Sejumlah Program Penting ini

Seperti diberitakan kantor berita Tatoli, kepala pemerintah juga, menegaskan semua keputusan yang telah diberikan adalah untuk melayani negara ini dan rakyat Timor-Leste.

"Sejak tahun 2007 hingga 2015, untuk pertama kali saya duduk kembali disini, pertama kali debat di Parlemen kita mulai menunjukan dan mengajari masyarakat sosial dan generasi baru tentang metode politik yang baik," tutur Xanana dengan penuh haru.

Ketua Parlemen Nasional, Maria Fernanda Lay langsung mengumumkan bahwa Program Pemerintah Konstitusional ke-IX yang dipresentasikan oleh pemerintah telah disetujui dengan suara bulat dari Fraksi Partai yang ada di Parlemen yang menyatakan apresiasi mereka.

"Jadi, voting kepercayaan ditiadakan, dan menyatakan aklamasi dengan suara bulat serta apresiasi dari Fraksi Partai yang ada di Parlemen," kata Ketua Parlemen.

Baca juga: PM Xanana Bertemu Dubes Portugal, Persiapkan Kunjungan PM Portugal ke Dili

Fernanda Lay juga mengucapkan terima kasih kepada semua Fraksi partai di Parlemen Nasional atas keputusan yang diberikan, dan juga mengucapkan selamat kepada Perdana Menteri dan anggota pemerintahannya untuk menjalankan program pemerintah yang telah disetujui oleh Parlemen Nasional.

Menurut Fernanda Lay, Timor-Leste, masih pada tahap pembangunan, maka dari hasil debat tersebut untuk mengoreksi adanya kesalahan dalam penggunaan anggaran dimasa depan, sehingga tidak mengulangi di masa mendatang.

Baca juga: Foto PM Xanana dan Presiden Naik Kendaraan Umum, Meramaiakn Sosmed Timor Leste

Seperti kita ketahui ada enam program Pemerintah Konstitusi ke-IX yang disampaikan oleh Pemerintah Konstitusi ke-IX pada Parlemen Nasional untuk disetujui, yakni:

1. Penegasan kembali negara hukum yang demokratis
2. Pengembangan Modal Sosial
3. Pengembangan Infrastruktur
4. Pengembangan Ekonomi
5. Konsolidasi Pemerintahan
6. Pemerintah yang baik
7. Pemberantas korupsi. **