Helo Timor Leste

PM Xanana Laporkan Persetujuan Program Pemerintah dari Parlemen Nasional Dengan Suara Bulat

Dodo Hawe - Nasional
Kamis, 20 Jul 2023 17:05
    Bagikan  
MELAPORKAN
Xanana ba Ema Hotu/facebook

MELAPORKAN - PM Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao (kanan) bertemu Presiden Jose Ramos Horta, untuk melaporkan hasil pemaparan program Pemerintahan baru Timor Leste di hadapan Parlemen Nasional

HELOTIMORLESTE.COM - Perdana Menteri (PM) Kay Rala Xanana Gusmao melaporkan kepada Presiden Jose Ramos Horta tentang suara bulat Parlemen Nasional persetujuan Program Pemerintah Konstitusi ke-IX dalam sidang paripurna yang digelar di Gedung Parlemen Nasional sebelumnya.

Dalam pertemuan antara Presiden Ramos Horta dan PM Xanana Gusmao membahas, persetujuan program dari Parlemen Nasional dengan suara bulat.

PM Xanana mengatakan sebelumnya para anggota Parlemen baik dari Fraksi Pemerintah maupun Fraksi oposisi secara bulat menyetujui program Pemerintahan Konstitusional ke-IX.

"Saya kira persetujuan ini menunjukkan perubahan mentalitas dan semangat baru untuk menegaskan kembali Negara Hukum dan Demokrasi Timor Leste," kata Xanana kepada media di Istana Kepresidenan seperti dilansir kantor berita Tatoli, Kamis (20/7/2023).

Baca juga: Terkait Kapal Haksolok, PM Xanana Siap Bertanggungjawab Jika Terjadi Inkonsisten

Perdana Menteri mengatakan setelah persetujuan program pemerintahan oleh Parlemen Nasional, selanjutnya pemerintah akan fokus pada penentuan kerja pada setiap Kementerian dan menugaskan kompetensi kepada anggota pemerintah, sesuai dengan prioritas program politik.

"Pemerintah sekarang akan fokus pada program-program prioritas dalam alokasi anggaran," tambah Xanana.

Rencana Pemerintahan ke-IX akan berdasarkan anggaran pada program prioritas dengan tujuan membawa pembangunan dan kehidupan yang sejahtera bagi rakyat Timor Leste.

Menurutnya Timor Leste memiliki mekanisme baru dalam pengalokasian anggaran per-program.

Baca juga: Berlinang Air Mata Xanana Ucapakan Terima Kasih Kepada Anggota Parlemen Nasional Timor Leste

Oleh karena itu, rencana pemerintah akan mendasarkan kepada anggaran yang ditujukan per- program.

"Kalau tidak akan merusak APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara). Karena, uang itu milik rakyat," jelas PM Xanana usai bertemu Presiden Republik, José Ramos Horta di Istana Kepresidenan Bairopite, Dili.

Xanana juga memberitatahu, jika pemerintah akan memprioritaskan alokasi dalam Usulan Revisi Anggaran (OR) antara bulan Juli hingga Desember 2023 untuk membiayai beberapa kegiatan.

Baca juga: Pemerintahan Baru Timor Leste Pimpinan Xanana Gusmao Akan Melaksanakan Sejumlah Program Penting ini

Di sisi lain menggantikan yang tidak membutuhkan dan rencana tahunan untuk tahun 2024 terkait dengan masalah rakyat yang lebih mendesak dengan tujuan tidak membuang-buang uang rakyat. **