Helo Timor Leste

Singapura akan Membuka Kedutaan di Timor Leste, Pererat Kerjasama

Satwika Rumeksa - Nasional
Selasa, 25 Jul 2023 15:03
    Bagikan  
Kedubes Singapura
Istimewa

Kedubes Singapura - Vivian Balakrishnan (kiri) bersama Menlu Timor Leste Bendito dos Santos Freitas

HELOTIMORLESTE.COM - Singapura akan mendirikan kedutaan besar di ibu kota Timor-Leste, Dili, Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengumumkan pada hari Senin.

Dia membuat pengumuman tersebut pada konferensi media bersama dengan timpalannya dari Timor-Leste Bendito dos Santos Freitas di Dili, dan menyebutnya sebagai “tonggak penting”.

“Sementara mereka terus berkembang sebagai sebuah negara dan sebagai bangsa, terutama ketika mereka bergabung dengan Asean, kami yakin inilah saatnya untuk mendirikan kedutaan besar untuk menjadi titik fokus kerja sama kita, untuk dukungan kita dan untuk saling mengeksplorasi peluang di masa depan,” kata Dr Balakrishnan tentang rencana misi Singapura di Timor-Leste.

Bidang kerja sama meliputi investasi, pariwisata, pertahanan, dan energi, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA).

Baca juga: Piala Dunia Wanita 2023: Kolombia Sikat Korsel 2-0

Konferensi media dilakukan setelah pertemuan Dr Balakrishnan dengan Presiden Timor-Leste Jose-Ramos Horta, Perdana Menteri Xanana Gusmao dan Mr Freitas pada Senin pagi.

Langkah yang direncanakan untuk membuka kedutaan disambut baik oleh para pemimpin Timor.

Saat ini, Mr Robin Hu menjabat sebagai duta besar non-residen Singapura untuk Timor-Leste. Dia akan terus bertanggung jawab sebelum duta besar tetap ditunjuk, kata Dr Balakrishnan.

Rincian di mana kedutaan akan berlokasi juga sedang dikerjakan, tambah menteri.

Singapura akan menjadi negara Asean keenam yang membuka kedutaan di Timor-Leste. Negara Asean lain yang memiliki misi di Dili adalah Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

Selama pertemuan mereka, Dr Balakrishnan dan para pemimpin Timor menegaskan hubungan hangat dan lama antara kedua negara mereka.

Baca juga: Dapat Pujian Dari CEO PSIS Semarang Performa Gali Freitas Semakin Bagus, Kini Mulai Dilirik Klub Lain

Dr Balakrishnan menggarisbawahi dukungan kuat dan konsisten Singapura untuk pembangunan Timor-Leste, kata pernyataan MFA.

“Singapura adalah salah satu negara pertama yang berkontribusi pada upaya pemeliharaan perdamaian dan pembangunan bangsa di Timor-Leste, termasuk lebih dari 1.000 personel dan peralatan antara tahun 1999 dan 2012,” katanya.

Ia menambahkan bahwa kepolisian Singapura juga mengirim petugas ke negara tersebut untuk membantu mengatur layanan kepolisiannya.

Singapura juga merupakan investor asing utama di Timor-Leste di bidang-bidang seperti real estat dan perhotelan, dan warga Singapura berkontribusi pada sektor kesehatan dan pendidikan Timor-Leste, kata pernyataan itu.

“Menteri Balakrishnan menegaskan kembali komitmen Singapura untuk mendukung pembangunan kapasitas di Timor-Leste melalui Program Kerjasama Singapura, yang telah menyambut lebih dari 800 pejabat Timor-Leste,” kata pernyataan itu.

Singapura juga mendukung aksesi Timor-Leste ke Asean, sesuai dengan peta jalan yang diadopsi oleh para pemimpin kelompok itu pada Mei 2023.

Baca juga: Tinjauan Tentang Kopi Timor Leste Ada yang Ditanam di Atas Ketinggian 1600 Mdpl Hingga Persilangan Alami Varietas Kopi

Untuk tujuan ini, Singapura akan “terus mendukung Timor-Leste dalam memenuhi peta jalan”, kata pernyataan itu.

Dr Balakrishnan juga memanggil Wakil Perdana Menteri Francisco Kalbuadi Lay dan dijamu makan malam oleh Freitas pada hari Senin.**