Helo Timor Leste

Pemerintahan Baru Timor Leste Mengusulkan Anggaran 2023 Sebesar 2,1 Miliar Dollar Amerika

Dodo Hawe - Nasional
Kamis, 3 Aug 2023 22:19
    Bagikan  
MELAPORKAN
Xanana ba Ema Hotu/facebook

MELAPORKAN - PM Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao (kanan) bertemu Presiden Jose Ramos Horta, untuk melaporkan hasil pemaparan program Pemerintahan baru Timor Leste di hadapan Parlemen Nasional

HELOTIMORLESTE.COM - Pemerintahan Konstisusi ke-9 pimpinan PM Kay Rala Xanana Gusmao telah menyiapkan usulan anggaran 2023 sebesar US $2,1 miliar yang diajukan ke Parlemen Nasional Timor Leste.

"Proposal usulan revisi anggaran 2023 akan diambil dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) 2023 sebesar US$2,1 miliar. Anggaran tersebut akan disalurkan kembali untuk mendukung prioritas program Pemerintahan ke-IX tahun anggaran 2023," kata Wakil Menteri Keuangan Timor Leste, Hélder Lopes seperti dilansir kantor berita Tatoli, Kamis (3/8/2023).

Proposal usulan revisi anggaran 2023 itu nantinya akan menjadi pembahasan utama dalam sidang Parlemen Nasional pada minggu depan.

Baca juga: Sekjen Karketu FC Minta FFTL dan LFTL Percepat Pembayaran 60 Persen dari Anggaran Hibah Klub

Dalam proposal itu, terjadi perubahan atau revisi yang difokuskan perubahan anggaran untuk menyelesaikan kekurangan dibidang kesehatan khususnya oba-obatan.

Selain itu juga terjadi revisi untuk perubahan anggaran terkait penyediaan buku paspor serta untuk anggaran bencana alam.

Penyusunan revisi anggaran ini diharapkan bisa secepatnya diselesaikan guna mendukung pelaksanaan program-program pemerintah yang baru agar bisa dilaksanakan.

Baca juga: 120 Hari Kerja Pemerintahan Baru Xanana, Janjikan Subsidi Kepada Media Online di Timor Leste

Bertemu Presiden
Sementara itu Perdana Menteri Xanana Gusmao sebelum sidang pembahasan usulan revisi dengan Parlemen Nasional melaporkan kepada Presiden Jose Ramos Horta di istana kepresidenan.

Xanana menyampaikan kepada Presiden Horta terkait usulan revisi anggaran (OR-tetun) 2023, yang nanti akan dibahas bersama Parlemen Nasional.

Sementara PM Xanana Gusmao sendiri pihak Pemerintahannya telah mempersiapkan pembahasan revisi anggaran itu selama lima hari.

Permintah telah melakukan diskusi secara intesif yang pembahasannya dilakukan secara detail dan teliti terhadap revisi anggaran 2023 sebelum diajukan untuk disetujui ke Parlemen Nasional.

Baca juga: Kisah Bantuan Rumah Setengah Tembok untuk Rakyat Miskin Timor Leste dari Presiden Ramos Horta

Sebagai kepala pemerintahan Perdana Menteri Xanana sudah melakukan diskusi secara inten dan mendalam terkait proposal usulan revisi anggaran 2023 ini.

"Dan hari ini saya bertemu Presiden Republik, utnuk menyampaikan proses tersebut," ujar Xanana Gusmao kepada wartawan, Kamis (3/8/2023).

Xanana membeberkan membagi beberapa kategori dalam penganggaran untuk melaksanakan program pemerintahannya.

Baca juga: Berlinang Air Mata Xanana Ucapakan Terima Kasih Kepada Anggota Parlemen Nasional Timor Leste

Anggaran itu dibagi dalam beberapa kategori di antaranya adalah, Kategori gaji, Ketegori barang dan jasa, kategoro modal kecil, Kategori transfer publik dan Kategori dana pengembangan.

Namun untuk saat ini hanya fokus pada penganggaran program dan sub-program.

"Ada juga beberapa perubahan pada peraturan pemerintah dan setelah itu baru mulai mempersiapkan RAPBN (Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara) tahun 2024," tambah Xanana Gusmao sembari mengatakan sebelum memasuki tahun 2024, pemerintahannya telah mempersiapkan RAPBN tahun 2024. **