Helo Timor Leste

Perlunya Rakyat Timor Leste Memahami Potensi Alam di Negaranya, Sektor Nonmigas Harus Digarap Lebih Serius

Dodo Hawe - Nasional
Senin, 14 Aug 2023 14:15
    Bagikan  
KOPI TIMOR
istimewa

KOPI TIMOR - Ilustrasi tanaman kopi dan kopi kering.

HELOTIMORLESTE.COM - Jika Anda warga warga Timor Leste, harus memahami potensi alam yang dimiliki, mengingat Timor Leste miliki ketergantungan ekspor yang tinggi.

Negara Timor Leste tidak bisa hanya mengandalkan satu pendapatan dari satu sektor saja, seperti halnya hanya mengandalkan ladang minyak.

Menurut salah satu jurnal Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi ekpor kopi di Timor Leste menyebutkan jika pendapatan minyak dan gas, sejak tahun 2010 hingga 2018 mengalami penurunan.

Pendapatan minyak tertinggi seperti diungkap Vionencia Faria Freitas dari UNTL dan IPB Bogor menyebut terjadi pada tahun 2012 dengan nilai sebesar 2452,3 juta dolar AS.

Baca juga: Ekspor Kopi Indonesia Tahun 2023/2024 Menurun Hingga Sepertiga, Khusus Jenis Kopi Robusta

Pendapatan minyak dan gas paling rendah terjadi pada tahun 2018, akibat imbas harga minyak dunia menurun.

Dengan demikian mengakibatkan pendapatan minyak dan gas Negara Timor Leste menurun sekitar 67 persen pendapatan tahun 2012.

Untuk itulah maka Timor Leste perlu segera mengidentifikasi dan mengembangkan sektor nonmigas yang berpotensi untuk dikelola seperti bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan bindang industri lain.

Penelitian Ahluwalia et al (1979), mengatakan bahwa untuk pembangunan berkelanjutan, pemerintah Timor Leste harus berinvestasi di sektor pertanian.

Secara ekonomi, perkembangan suatu negara akan sulit jika sumber pendapatan hanya berasal dari minyak dan gas saja, sebab kedua hal tersebut tidak berkelanjutan dalam jangka panjang.

Baca juga: Ekspor Kopi Timor Leste Nomor Tiga di China, Ungguli Australia, Jepang dan Inggris

Selain sektor migas, ada keunggulan lain Timor Leste yaitu sektor pertanian, karena 66 persen dari penduduk Timor Leste yang berjumlah sekitar 1,3 juta jiwa adalah petani.

Kegiatan pertanian yang dikembankan di Negara Timor-Leste adalah usaha tani atau pangan, hortikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan.

Timor Leste memiliki luas wilayah sekitar 15.000 km2, dan lahan produktif untuk usaha pertanian adalah sekitar 216,180 ribu ha (Diresaun Geral Estatistika, 2019).

Baca juga: Bisnis Kedai Kopi Di Kota Ternate, Maluku Utara Terus Tumbuh, Bagaimana Dengan Kota Anda?

Ada berbagai jenis produk pertanian yang diproduksi oleh rakyat Timor-Leste, seperti beras, jagung, ubi, singkong, kacang, kopi, kemiri dan lain-lain.

Tetapi kebanyakan komoditas ini diproduksi hanya untuk memenuhi kebu-tuhan konsumsi rumah tangga saja dan tidak cukup untuk tujuan ekspor.

Namun, ada beberapa komoditi yang memiliki potensi untuk ekspor seperti komoditi kopi, kemiri, kayu jati dan kayu cendana.

Diantara komoditi unggulan lainnya, komoditi kopi memiliki nilai ekonomi terbesar di antara komoditi non migas lainnya.

Baca juga: Menurut Studi, Kopi Dengan Pemanis Sedang Dapat Membantu Memperpanjang Usia

Kopi adalah komoditi yang sangat penting bagi ekonomi Timor-Leste, karena ia merupakan produk ekspor terbesar dalam sektor pertanian setelah minyak dan gas, menurut Old dan Cristovao, 2003.

Empat komoditi yang berkontribusi ter-hadap ekspor Timor Leste di sub-sektor pertanian, dimana kopi merupakan ekspor terbesar dengan nilai rata-rata (16 juta dolar).

Kemudian komonditi kedua adalah kemiri sebesar 153 ribu dollar ketimbang dua komoditi lainnya.

Baca juga: Rasa Unik Kopi Timor Leste, Disebabkan Karena Beberapa Faktor ini

Perkebunan kopi di Timor-Leste adalah perkebunan rakyat, karena sekitar 50.000 rumah tangga adalah penghasil kopi dan pendapatan tergantung dari hasil panen.

Dimana luas areal tercatat pada tahun 2016 sebesar 59,278 ribu ha dari berbagai daerah di Timor-Leste, yaitu Aileu, Ainaro, Bobonaro, Ermera, Liquiça dan Manufahi (ADB, 2017).

Meskipun produksi kopi Timor Leste hanya kurang dari 0,2 persen pasokan kopi dunia, tetapi memiliki keunggulan kompetitif dalam produk kopi organik.

Baca juga: Cerita Dibalik Starbucks® Single Origin East Timor Tatamailau Menjadi Produk Kopi Andalan Terbatas Starbucks Sampai Sekarang

Yang menarik lagi Timor Leste merupakan sumber tunggal kopi organik terbesar di dunia, yakni Timor Hyrbrid, tentu saja nilainya premium.

Timor Hybrid merupakan persilangan spontan antara varitas kopi Robusta dan Arabika yang tak ada ditempat lain, yang diakui sebagai kopi organik berkualitas tinggi di dunia. **