Helo Timor Leste

PM Xanana Gusmao Berjoget di Acara Perayaan HUT Indonesia ke-78 di Timor Leste, Juga Dimeriahkan Artis Toton Caribo dan Justy

Dodo Hawe - Nasional
Minggu, 27 Aug 2023 19:27
    Bagikan  
BERJOGET
tangkapan layar

BERJOGET - PM Xanana Gusmao berjoget bersama seorang anak saat perayaan HUT RI ke-78 di Kota Dili, Timor Leste, Sabtu (26/8/2023).

HELOTIMORLESTE.COM - Dua artis asal Ambon, Provinsi Maluku, Toton Caribo dan Justy Aldrin menguncang Kota DIli, Timor Leste, Sabtu (26/8/2023) malam, untuk merayakan Indonesia Day di Parkiran Mall Timor Plaza.

Acara Indonesia Day (Indonesia Cultural Performance an Night Market) merupakan acara menyambut kemerdekaan RI ke-78 yang digelar oleh Kedubes Republik Indonesia Timor Leste.

Presiden Jose Ramos Horta dan PM Xanana Gusmao turut hadir dalam kesempatan itu, menariknya PM Xanana Gusmao tak henti-hentinya berjoget di acara itu.

Baca juga: Xanana: Tanpa Resolusi Konflik Myanmar, Timor Leste tak akan Masuk ke Blok ASEAN

Sementara dua artis asal Ambon, Toton Caribo dan Justy Aldrin menjadi bintang tamu menambah suasana semakin meriah dengan lantuman lagu-lagu kahas Indonesia Timur.

Kedua atis asal Ambon ini sangat dikenal di kawasan Indonesia Timur, NTT hingga Pulau Timor termasuk di Timor Leste.

Lagu Bale Pulang II yang dipopularkan Justy Aldrin merupakan lagu yang paling hit dikalangan masyarakat anak-anak mudai diwilayah Timor Timur.

Duet dua rtis Aldrin dan Toton asal Ambon, Indonesia ini sangat dikenal di kalangan anak-anak muda di Timor Leste.

Sehingga tak heran jika penampilan dua artis ini menjadi daya tarik tersendiri dengan karya-karyanya yang menyentuk hati masyarakat Timor Leste.

Baca juga: Aksi Kejahatan Perampasan di Kota Dili, Menjadi Perhatian PM Xanana Gusmao: Penjarakan Mereka

Ribuan penggemar Akdrin dan Toton tumpah ruah memadati halaman parkir Timor Plaza, Kota Dili, Timor Leste, dengan lantuman lagu andalan Bale Pulang II, yang membuat para penggemarnya histeria.

Acara pembukaan diawali dengan sambutan dari Dubes Timor Leste, Okto Dorinus Manik dengan mengungkap terima kasih kepada pemerintah Timor Leste yang telah memberi ruang menggelar acara perayaan kemerdekaan.

"Ini merupakan kegiatan annual yang dilakukan setiap tahun, untuk mempererat hubungan Indonesia-Timor Leste, baik pemerintah maupun masyarakatnya," kata Okto Manik.

Baca juga: PM Xanana Laporkan Persetujuan Program Pemerintah dari Parlemen Nasional Dengan Suara Bulat

Selanjutnya acara juga disambut oleh PM Xanana Gusmao yang mengaku sangat enjoy dalam acara perahayaan kemerdekaan Indonesia ini.

Dalam acara itu PM Xanana tiba lebih awal dari Presiden Jose Ramos Horta sehingga

Terbukti dalam acara itu Xanana beranjak dari kursi undangan, tanpa basa-basi berjoget sendirian di dekat kursi undangan.

Xanana terlihat berjoget sendirian sambil mengenakan baju kesayangannya batik warna hijau yang kerap ia kenakan di acara-acara khusus.

Baca juga: Berlinang Air Mata Xanana Ucapakan Terima Kasih Kepada Anggota Parlemen Nasional Timor Leste

Tak lama kemudian Xanana memanggil seorang anak kecil yang membawa bendera merah putih diajak berjoget bersama, diiringi lagu pop Indonesia yang cukup terkenal.

Xanana yang kini telah berusia 77 tahun terlihat sehat dan penuh semangat dalam menikmati alunan musik yang mengiringinya.

"Saya merasa sangat senang dan enjoy hadir dalam acara ini. Melalui acara ini mari kita menjalin persahabatan dan persaudaraan dengan masyarakat Indonesia di Timor-Leste," kata Xanana Gusmao seperti dilansir kantor berita Tatoli.

Baca juga: PM Xanana Bertemu Dubes Portugal, Persiapkan Kunjungan PM Portugal ke Dili

PM Xanana mengatakan Indonesia meskipun terdiri dari berbagai suku bangsa yang berbeda-beda namun tetap dalam naungan Bhineka Tunggal Ika.

Karena itu melalui kegiatan Indonesian Cultural Performances And Night Market 2023 agar menjalin perhabatan dan persaudaraan dengan Indonesia.

Baca juga: 120 Hari Kerja Pemerintahan Baru Xanana, Janjikan Subsidi Kepada Media Online di Timor Leste

Hal senda juga disampaikan Presiden Jose Ramos Horta akan menariknya acara malam itu, hingga menyatukan warga Indonesia dan Timor Leste dalam sebuah pagelaran budaya dan hiburan.

Sejumlah komunitas Indonesia menampilkan berbagai acara dalam acara malam itu, dengan mempersembahkan tarian budaya dari daerahnya masing-masing, seperti Batak, Bali, Flores, Sumba, Timor dan Alor (Flobamora). **