Helo Timor Leste

Berjalan Sepekan Pemerintah Timor Leste Mensubsidi Beras Sebesar 4 Dollar Untuk Pembelian 20 Kg

Dodo Hawe - Nasional
Rabu, 1 Nov 2023 10:28
    Bagikan  
Beras Impor
Istimewa

Beras Impor - Timor Leste impor beras antara lain dari Kamboja

HELOTIMORLESTE.COM - Pemerintah Timor Leste memastikan beras yang tersedia dipasaran sebesar 20 kg seharga 9 dollar sudah mendapatkan subsidi sebesar 4 dollar dari pemerintah.

Sementara perusahaan importir dan para pengecer akan menjual harga beras di Timor Leste dengan harga di pasaran sebesar 10 dollar hingga 11 dollar AS.

Seperti kita ketahui setiap bulan pemerintah Timor Leste telah memutuskan untuk memberikan jatah sebanyak 2.500 ton kepada setiap peruhsaan importir beras.

Wakil Menteri Perdagangan dan Industri, Agusto Junior Trindade mengungkapkan pemerintah Timor Leste mensubsidi pagan berupa beras sebesar 0,20 dollar per kg atau senilai 4 dollar untuk 20 kg.

Baca juga: Terobosan Teknologi, Ahli Bedah Jantung Tanamkan  Alat Pacu Jantung Seukuran Sebutir Beras

Dikatakan pemerintah melalui instansi terkait akan terus melakukan pemantauan terhadap implementasi subside beras terhadap dua perusahaan importir yakni Perisos dan Creative Furak.

Sementara adanya pemberian subside beras itu kini masyarakat lebih antusias untuk melakukan pembelian dengan harga baru dari subsidi.

Dalam hari pertama kemarin penjualan beras mencapai 12.800 karung untuk beras 20 kg per sak.

Baca juga: Penyebab Harga Beras Mahal dan Ini yang Diperintahkan Jokowi

Beras baru yang dijual itu bermerek beras Beruang Merah sebanyak itu atau setara dengan jumlah 256 ton (256.000 kg).

Pada hal sebelum harga subside biasanya penjualan beras hanya mencapai 1.000 karung saja, namun kali ini membengkak berlipat-lipat.

"Pemerintah memberikan subside sebanyak 125.000 karung dan saat ini kami memiliki 200.000 sak untuk merk Beruang Merah saja," ujar Manajer Gudang Creatif Furak, Atika Monis Carvalho seperti dilansir kantor berita Tatoli beberapa waktu lalu.

Baca juga: Gawat! Presiden Sebut India Batalkan Impor Beras Timor Leste, Tinggal Mengandalkan Pasokan dari Vietnam

Sementara untuk harga beras yang ditetapkan oleh pengecer di Kotamadya Dili dengan harga penjualan mulai dari 10 kg per sak dengan harga 5 dollar, 20 kg per sak dengan harga 10 dollar dan 25 kg per sak dengan harga 12.50 dollar.

Untuk pembelian dari Kotamadya lain harga akan mengalami kenaikan dengan menyesuaikan jarak dan biaya transportasi yang dikeluarkan. **