Helo Timor Leste

Hari Hutan Sedunia, Wakil PM Mariano Assanami Ajak Setiap Warga Timor Leste Tanam Satu Pohon Tahun ini

Dodo Hawe - Nasional
Kamis, 21 Mar 2024 18:50
    Bagikan  
WAKIL PM
Media VPM-MCAS-MDRHC

WAKIL PM - Wakil PM Timor Leste, Sabino saat mengikuti acara perayaan hari hutan sedunia di Timor Leste

HELOTIMORLESTE.COM - Wakil Perdana Menteri, Menteri Koordinator Sosial dan Menteri Pembangunan Desa dan Perumahan Masyarakat, Eng. Mariano Assanami Sabino, berpartisipasi dalam aksi memperingati Hari Hutan Sedunia, Kamis (21/3/2024).

Aksi digelar dengan melakukan penanaman pohon yang dilaksanakan di Tibar, Pos Administrasi Bazartete, Pemkot Liquiça.

Hari Hutan Sedunia, yang dirayakan setiap tanggal 21 Maret, tema tahun ini adalah "Forests and Inovasi: Solusi untuk Dunia yang Lebih Baik".

Terkait kegiatan reboisasi, Wakil Perdana Menteri mewakili Kepala Pemerintah menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang hari ini menandai hari ini, dengan kegiatan yang identik.

Baca juga: Wakil PM Mariano Sabino Mengajak Masyarakat Mengkritik Tindakan Pemerintah Dengan Kerjasama yang Jujur

Wakil Perdana Menteri mengucapkan terima kasih dan memuji kerja para penjaga hutan, yang telah menjadi penjaga hutan, dalam mengendalikan Taman Nasional sehingga mencegah kerusakannya.

"Mewakili Perdana Menteri, Kay Rala Xanana Gusmão, saya ingin himbau kepada seluruh warga untuk menanam setidaknya satu pohon tahun ini, itu kewajiban, jika bisa menanam lebih dari satu, lebih baik," ujar Wakil Perdana Menteri di Tibar.

Wakil Perdana Menteri, telah meminta Kementerian Pertanian, perikanan dan kehebohan (MAPPF) untuk mencari pohon bernilai tambah dengan penanamannya agar dapat menyediakan lingkungan yang lebih hijau sehingga memberikan kualitas hidup bagi penduduk.

Baca juga: Wakil PM Mariano Sabino Jelaskan Soal Stok Obat-obatan di Timor Leste yang Sempat Bermasalah itu

"Hari ini dirayakan Hari Hutan Sedunia dan sebentar lagi akan menjadi Hari Air Sedunia, sehingga Sekretaris Negara Hutan diminta untuk mengidentifikasi spesies pohon yang dapat ditanam di dekat air, sehingga sumber, sumber, dan garis air tetap terjaga," tambah Wakil Perdana Menteri.

Sang penguasa, meninggalkan permintaan kepada semua penduduk, untuk terus menanam pohon di mana pun mungkin, di sekitar rumah mereka sendiri, di tanah mereka, untuk menjadikan Timor-Leste pulau yang lebih hijau.

Para mahasiswa, Wakil Perdana Menteri, Menteri MAPPF, Sekretaris Negara Peternakan, Sekretaris perikanan Negara, Sekretaris Hutan Negara, dan masyarakat Tibar ikut serta dalam kegiatan penanaman pohon ini. **