Helo Timor Leste

Leher Tertimpa Barbel 100 Kg, Pria di China Tewas

Satwika Rumeksa - Olahraga
Senin, 18 Sep 2023 13:57
    Bagikan  
Tergencet Barbel
Sina Weibo

Tergencet Barbel - Kecelakaan fatal saat barbel seberat 100Kg mematahkan leher

HELOTIMORLESTE.COM - Berolahraga sebaiknya ada yang mengawasi atau teman, sehingga jika terjadi sesuatu kejadian buruk diatasi.

Seorang pria berusia 25 tahun di Cina meninggal setelah lehernya terjepit di antara batang barbel yang memuat beban lebih dari 100kg dan bangku latihan yang ia duduki.

Sebuah video mengerikan berdurasi 29 detik di beberapa situs berita, termasuk China Press Malaysia, menunjukkan pria tersebut, yang diidentifikasi hanya sebagai Zhang, sedang berjuang untuk melakukan bench press seberat lebih dari 100kg di dalam sebuah gym di Wuhan, di provinsi Hubei, Tiongkok, tanpa pengintai sekitar pukul 15:00 hari Kamis (14/9).

Baca juga: Timor Leste Belajar Pengelolaan Kawasan Laut di Lombok Timur

Dia hampir tidak bisa mengangkat barbel di atas dadanya dan mencoba mendorongnya ke sebuah J-hook ketika lengannya menyerah.

Batang barbel seberat sekitar 50kg di setiap ujungnya, bergulir dari dadanya ke lehernya, menjepit kepalanya di bangku cadangan.

Selama sekitar 25 detik, ia berusaha keras untuk membebaskan dirinya.

Pada satu titik, dia mencoba melepaskan apa yang tampak seperti sabuk angkat besi yang dipakainya. Namun, ia mulai mengalami kejang yang hebat dan tiba-tiba menjadi lemas.

Butuh waktu lebih dari satu menit sebelum seseorang menyadari Zhang, menurut China Press.

Baca juga: Tersembunyi Hampir 375 Tahun, Temuan Benua Baru di Tenggaran Benua Australia Dekat Selandia Baru

Dua karyawan gym berlari ke arahnya untuk mengangkat barbel dari tubuhnya.

Zhang dilarikan ke rumah sakit, namun ia tidak tertolong.

Seorang perwakilan dari Wuhan Pafik Fitness Club, tempat insiden itu terjadi, mengatakan bahwa Zhang adalah seorang pelanggan tetap, dan bahwa dia telah terlihat di gym sebelum mengangkat barbel yang bertumpuk-tumpuk.

Namun tidak jelas mengapa Zhang melakukan bench press lebih dari 100kg tanpa pengawas.

Polisi sedang menyelidiki insiden tersebut, China Press melaporkan.

Insiden di Wuhan ini mengingatkan kita pada kejadian serupa di bulan Juli ketika Justyn Vicky, 33 tahun, seorang influencer kebugaran di Indonesia, tewas ketika sedang melakukan latihan angkat beban dengan barbel seberat hampir 210kg.

Vicky terlihat dalam sebuah video jatuh ke lantai dengan pantatnya, dengan barbel masih berada di atas bahunya.

Dia memiliki pengintai di belakangnya, tetapi pengintai tersebut tidak dapat mencegah batang barbel bergulir di atas kepala Vicky, dan mematahkan lehernya.**