Helo Timor Leste

Tahukah Kamu Berapa Lama Jenis Sampah ini Bisa Terurai Dengan Alam

Dodo Hawe - Ragam
Senin, 26 Jun 2023 11:13
    Bagikan  
SAMPAH
ig @indonesiabaik.id

SAMPAH - Ilustrasi penyumbang sampah di ASEAN

HELOTIMORLESTE.COM - Sampah yang dihasilkan manusia daam kehidupan sehari-hari memerlukan waktu yang berbeda-beda untuk dapat hancur atau terurai di alam kikta.

Sayangnya, tidak semua sampah bisa didaur ulang, selain itu, produksi sampah harian lebih banyak daripada kapasitas daur ulang yang ada di berbagai tempat.

Khususnya jenis sampah anorganik ternyata membutuhkan waktu yang sangat lama agar bisa terurai dengan alam.

Bahkan ada jenis sampah yang kerap kita jumpai disekitar kita yang membutuhkan waktu seribu tahun untuk bisa terurai dengan tanah seperti jenis sampah botol kaca.

Begitu juga dengan sampah yang kini paling banyak berserakan di sekitar lingkungan kita seperti botol minuman.

Baca juga: Jika Negara Anda ingin Bersih dan Bebas Sampah Belajarlah dari Jepang, Begini Cara Buang Sampah di Jepang

Sampah jenis botol minuman yang hampir setiap hari kita mengonsumsinya itu, ternyata untuk bisa terurai dengan tanah membutuhkan waktu selama 400 tahun.

Data yang diperoleh dari indonesiabaik.com menyebutkan, proses terurainya botol minuman dalam kemasan ini sama dengan masa hidupnya ikan Hiu Greenland yang bisa bertahan hidup antara 250 - 500 tahun lamanya.

Berikut ini daftar berbagai jenis sampah, dengan masa waktu terurai dengan alam dalam uraian berikut ini:

1. Botol kaca
Membutuhkan waktu 1.000 tahun untuk bisa terurai dengan alam (tanah).

2. Plastik minuman
Membutuhkan waktu sekitar 400 tahun, untuk bisa terurai dengan tanah. Masa ini setera dengan masa hidup ikan Hiu Greenland, yang bisa bertahan hidup selama 250 hingga 500 tahun.

Baca juga: Tips Mengelola Sampah yang Menumpuk di Lingkungan Kita, Begini yang Harus Anda Lakukan

3. Kaleng alumunium
Kemasan kaleng minumanm, sarden dll membutuhkan waktu terurai dengan tanah selama 200 tahun. Hal ini setara hidup bulu babi.

3. Styrofoam
Styrofoam bisa terurai dengan alam membutuhkan waktu sekitar 50 tahun.

4. Kantong plastik
Kantong plastik merupakan sampah yang paling banyak kita jumpai dalam keseharian kita itu, membutuhkan waktu 10 hingga 20 tahun untuk bisa terurai dengan tanah.

5. Puntung rokok
Jangan dikira puntung rokok yang kita buang disampah, kita buang sembarangan itu cepat terurai dengan tanah. Sampah ini membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 5 tahun, agar bisa terurai dengan tanah.

Baca juga: Inspirasi Buat Warga Timor Leste, Sampah Plastik Dijadikan Paving Block

6. Potongan kayu
Potongan katu, bekas tebangan, balok katu oalahan yang kita buang membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 3 tahun, agar bisa terurai dengan tanah.

7. Baju kantun
Kain atau baju berbahan katun untuk bisa terurai dengan tanah membutuhkan waktu hitungan bulanan yakni sekitar 2 hingga 5 bulan agar bisa terurai dengan tanah.

8. Kotak kardus
Kota kardus ini, merupakan sampah yang cukup banyak ada di lingkungan kita, setiap kita membeli kue, kotak makan, membeli eletronik selalu disertai kotak karus. Kotak kardus ini agar bisa terurai dengan tanah kira-kira membutuhkan waktu antara 1 hingga 2 bulan lamanya.

Baca juga: Timor Leste Belum Miliki Manajemen Penanganan Sampah untuk Mengelola Sampah yang Menumpuk

9. Kertas koran dan sejenisnya
Untuk kertas koran membutuhkan waktu sekitar 6 minggu agar bisa terurai dengan tanah.

10. Kertas tisu
Sedangkan untuk kertas tisu khusus tisu bebahan kertas (buka tisu basah) akan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 4 minggu, agar bisa terurai dengan tanah. **