Helo Timor Leste

Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Anda Tanpa Nasi Putih Sebulan

Satwika Rumeksa - Ragam
Minggu, 2 Jul 2023 23:34
    Bagikan  
Nasi Putih
Istimewa

Nasi Putih - Diet nasi putih turunkan berat badan

HELOTIMORLESTE.COM - Seorang ahli gizi India mengatakan bahwa berhenti makan nasi selama sebulan dapat membantu menurunkan berat badan dan menstabilkan kadar gula darah, tetapi hanya dengan syarat nasi tidak diganti dengan kalori dan biji-bijian lainnya.

Nasi adalah makanan pokok bagi banyak orang di seluruh dunia, dan telah menjadi bagian integral dari makanan sehari-hari, sedemikian rupa sehingga banyak orang tidak dapat hidup tanpa setidaknya satu porsi nasi setiap kali makan.

Tapi, penelitian menunjukkan bahwa makan nasi tidak selalu baik untuk kesehatan.

Sementara nasi menyediakan karbohidrat esensial, nasi juga tinggi pati dan kurang nutrisi tertentu. Menurut situs web "Indian Express", konsumsi nasi putih olahan secara berlebihan dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi dan penambahan berat badan.

Baca juga: Artis Korea Ini Tampil Mengagumkan di Golden Globe Awards

Priya Parma, kepala departemen gizi di Sri Balaji Action Medical Institute di India, mengatakan bahwa berhenti makan nasi selama sebulan dapat membantu menurunkan berat badan dan menstabilkan kadar gula darah karena kaya akan karbohidrat.

Ria Desai, ahli gizi di Rumah Sakit Wockhardt, juga di India, menjelaskan bahwa berhenti makan nasi selama sebulan dapat menyebabkan penurunan berat badan, tetapi hanya jika nasi tidak diganti dengan biji-bijian lain dan kalori serta jumlah total karbohidrat di dalamnya. diet dibatasi, menjelaskan bahwa kadar gula darah akan menurun "hanya selama periode pantang" dari nasi.

"Begitu seseorang mulai makan nasi lagi, kadar glukosa akan mulai berubah lagi," katanya, mencatat fakta penting bahwa makan semangkuk kecil nasi dengan cara yang benar tidak berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: Bersihkan Cache, Cookie dan Riwayat Peramban Agar PC Tak Lemot

Kerusakan otot

Para ahli biasanya merekomendasikan diet seimbang yang mencakup berbagai makanan yang kaya nutrisi, jadi mengecualikan nasi dari menu bisa bersifat sementara untuk mengurangi jumlah karbohidrat yang dimakan seseorang.

Menurut Parma, “nasi, karbohidrat sederhana, dapat dengan mudah diubah menjadi makanan karbohidrat kompleks dengan menambahkan sayuran dan protein ke dalam makanan.

Karbohidrat sangat diperlukan untuk produksi energi dan tidak memakannya sama sekali dapat membuat seseorang menjadi lemah karena tubuh mulai menggunakan protein dengan memecah otot untuk menghasilkan energi yang juga menyebabkan kekurangan yang kaya akan vitamin dan mineral.

Baca juga: Kanker Paru Bisa Dideteksi di Tangan Anda, Simak Penjelasannya

Itulah mengapa penurunan berat badan berasal dari pemecahan otot dan bukan dari pembakaran lemak, sesuatu yang harus dihindari."

Disarankan untuk makan nasi putih dalam jumlah terbatas dan menggantinya dengan nasi merah. Tambahkan serat pada nasi berupa sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Tambahkan protein: bila dicampur dengan biji-bijian tertentu, mereka menjadi protein yang lebih baik diserap oleh tubuh.**