Helo Timor Leste

Beginilah Wajah Mosaik Samson di Alkitabiah yang Ditemukan Arkeolog di Galilea

Satwika Rumeksa - Ragam
Selasa, 11 Jul 2023 22:40
    Bagikan  
Samson
: JIM HABERMAN

Samson - Mosaik Samson tanpa Delilah di sinagoga kuno

HELOTIMORLESTE.COM - Mosaik era Romawi yang menggambarkan Samson yang diceritakan dalam Alkitab telah ditemukan oleh para arkeolog di sinagog berusia 1.600 tahun di Huqoq, sebuah desa Yahudi kuno di Galilea Bawah.

Penemuan tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya arkeologi internasional yang dipimpin oleh Prof. Jodi Magness dari University of North Carolina di Chapel Hill.

Proyek penggalian telah menyinari Tanah Israel di era Romawi akhir sekitar 400 M, mengungkapkan banyak tentang dinamika sosial-budaya pada periode tersebut.

Terletak di dekat pintu masuk utama sinagoga, mozaik yang baru ditemukan itu terdiri dari panel besar yang menampilkan prasasti Ibrani yang dibingkai dalam karangan bunga. Melengkapi bagian tengah ini adalah prasasti Aram di dekatnya dan di bawah tampaknya mencatat nama-nama pelindung dermawan yang membiayai mosaik sinagoga, atau seniman yang menghidupkannya.

Prasasti ini berdiri sebagai bukti abadi atas kontribusi mereka, mengungkapkan keinginan agar ingatan mereka dihargai. Karangan bunga itu diapit di kedua sisinya oleh sepasang singa yang meletakkan kaki depannya di atas kepala banteng. Panel mozaik juga seluruhnya dikelilingi oleh perbatasan berhias yang menampilkan hewan predator yang memburu mangsanya.

Baca juga: Beli Rp 900.000, Bea Cukai: Perhiasan Suarnati dari Tanah Suci Ternyata Imitasi Bukan Emas

Panel mosaik yang menggambarkan momen-momen penting dalam kehidupan tokoh alkitabiah, Samson, telah ditemukan pada musim penggalian tahun 2012 dan 2013. Ini termasuk penggambaran yang jelas tentang eksploitasi Samson dengan rubah, sebagaimana diceritakan dalam Kitab Perjanjian Lama Hakim-hakim 15:4, dan episode heroik Samson mengangkat gerbang Gaza di pundaknya, sebagaimana dirinci dalam Hakim-hakim 16:3.

Penggalian tahun ini menambah kedalaman narasi Samson, karena bagian yang baru diekspos termasuk penunggang kuda Filistin dan tentara Filistin yang terbunuh dengan wajah klasik yang mencolok.

Temuan sebelumnya, termasuk penggambaran pahlawan wanita alkitabiah Deborah dan Yael yang paling awal diketahui

Tahun sebelumnya, tim menemukan panel lain, yang dipisahkan menjadi tiga bagian horizontal. Itu menghidupkan adegan dari Hakim-hakim pasal 4, yang menggambarkan nabiah dan hakim Debora di bawah pohon palem, menatap Barak yang dilengkapi perisai, dan wanita Keni Yael mengendarai tiang tenda melalui kuil jenderal Kanaan Sisera, yang berbaring di tanah dengan darah memancar keluar dari kepalanya. Temuan-temuan ini dianggap sebagai penggambaran pahlawan wanita alkitabiah Deborah dan Yael yang paling awal diketahui.

Selama proyek penggalian Huqoq selama satu dekade, tim membuat serangkaian penemuan yang menjelaskan pemahaman sejarah kita. Di antara temuan tersebut adalah prasasti Ibrani yang dikelilingi oleh sosok manusia, hewan, dan makhluk mitologis, termasuk putti atau dewa asmara.

Selain itu, untuk pertama kalinya di sebuah sinagoga kuno, ditemukan cerita non-alkitabiah yang digambarkan dalam panel mozaik, yang mungkin menggambarkan pertemuan legendaris antara Alexander Agung dan imam besar Yahudi.

Baca juga: Mahasiswa Unand Ini Sebarkan Foto dan Video Porno dengan Sang Kekasih Termasuk kepada Orang Tua Korban

Mosaik Macan

Salah satu panel mengabadikan momen ketika dua mata-mata yang diutus oleh Musa untuk menjelajahi Kanaan membawa sebuah tiang dengan tandan buah anggur, diberi label "tiang di antara dua," seperti yang dijelaskan dalam Bilangan 13:23.

Panel lain memperlihatkan seorang pria menuntun seekor binatang dengan tali, disertai tulisan "seorang anak kecil akan menuntun mereka" dari Yesaya 11:6. Seperangkat figur binatang, yang diidentifikasi oleh prasasti bahasa Aram, mewakili empat binatang yang sesuai dengan empat kerajaan yang disebutkan dalam Kitab Daniel, pasal 7.

Panel besar yang ditemukan di lorong barat laut menggambarkan Elim, oasis tempat orang Israel berkemah dengan 12 mata air dan 70 pohon kurma setelah meninggalkan Mesir, seperti yang dirujuk dalam Keluaran 15:27.

Temuan substansial lainnya termasuk penggambaran Bahtera Nuh, terbelahnya Laut Merah, siklus zodiak Helios, Yunus ditelan oleh tiga ikan, dan pembangunan Menara Babel.

Baca juga: Bocah Difabel Bawah Umur Hamil 5 Bulan, Pelaku: Saya Bayar Rp 200.000 Tiap Kali Lakukan Hubungan Badan

Bukti yang ditemukan tentang rekonstruksi sinagoga dan barisan tiang di dekatnya
Menambah signifikansi sejarah situs tersebut, para arkeolog menemukan bukti rekonstruksi dan perluasan sinagoga pada awal abad ke-14 M (akhir abad pertengahan/periode Mamluk).

Kegiatan ini bertepatan dengan pembuatan jalan raya internasional yang menghubungkan Kairo dan Damaskus yang berjalan di samping Yakuk (nama abad pertengahan Huqoq), menunjukkan peningkatan kepentingan strategis kawasan itu. Periode tersebut juga menyaksikan munculnya tradisi lokal untuk mengidentifikasi Makam Habakuk di dekatnya, yang kemudian menjadi titik fokus ziarah Yahudi akhir abad pertengahan.**