Helo Timor Leste

Mengenal Kuliner dan Jenis Menu Hidangan di Timor leste

Dodo Hawe - Ragam
Minggu, 16 Jul 2023 00:25
    Bagikan  
HIDANGAN
visiteasttimor.com

HIDANGAN - Salah satu hidangan khas Timor Leste

HELOTIMORLESTE.COM - Kuliner di Timor Leste, sebagian besar dipengaruhi oleh makanan Asia Tenggara dan hidangan khas yang dipengaruhi bangsa Portugis dari masanya.

Bahan-bahan yang populer di daerah ini adalah daging babi, kemangi, sayuran, ikan, nasi, jagung, buah tropis, dan umbi-umbian.

Perlu berhati-hati bagi umat Muslim jika ingin menikmati berbagaimacam kuliner di Timor Leste, yang sebagian mengandung daging babi.

Hidangan populer di Timor Leste, seperti banyak negara lain di kawasan ini, makanan Timor Lorosae biasanya dibagi menjadi dua kategori berbeda, yakni non-vegetarian dan vegetarian.

Baca juga: Inspirasi Orang Timor, Lemet Singkong Makanan Jawa yang Patut Dicoba

Di Timor Leste, pertanian salah satu sektor terpenting di negara ini, hingga tak heran jika masakannya terutama menggunakan beras, sebagian besar bahan makanan berasal dari dalam negeri.

Meski demikian ada jenis bahan dasar makanan lain untuk masakan Timor Timur adalah ubi jalar, jagung, singkong dan talas .

Untuk menambah dasar setiap hidangan biasanya ada komponen sayuran, juga dengan produk rumahan seperti kacang polong, bawang bombay, bayam, dan kubis.

Di Timor Leste adalah hal yang biasa bagi keluarga untuk memelihara beberapa jenis ternak, maka Anda tahu bahwa ini juga akan menjadi bagian dari masakan mereka.

Baca juga: Tambahkan 5 Makanan Super Diet Anda Hari Ini

Umumnya, Anda menemukan hidangan yang menggabungkan babi, unggas, dan kambing. Bersama dengan daging, ikan juga menempati sejumlah besar makanan (karena setelah pertanian merupakan sektor terbesar kedua di negara ini).

Hidangan Populer
Biasanya ikan digoreng dan udang dianggap sebagai makanan lezat nasional.

Di bawah ini ada beberapa hidangan nasional dan beberapa tautan ke resepnya jika Anda ingin mencobanya sendiri di rumah sebelum menyantap makanan asli Timor Leste:

Ai Manas - Adalah detak jantung makanan Timor. Sambal pedas ini dibuat di seluruh negeri dengan varietas daerah dan perbedaan sesuai selera yang bervariasi dari satu rumah ke rumah lainnya.

Biasanya cabai hijau atau merah merupakan bagian terbesar dari pasta, yang dihaluskan dengan bawang putih, kulit jeruk nipis/lemon, bawang merah, jahe, belimbing wuluh, dan banyak bahan lokal lainnya. Beberapa sendok teh di piring Anda pasti akan menyalakan makanan apa pun.

Batar Da'an - Campuran labu, jagung, dan kacang (resep di sini)

Bibinka - Kue kelapa bakar dan berlapis.

Budu - Saus tomat, mint, jeruk nipis, dan bawang Spanyol.

Caril - Kari ayam ringan dengan kentang dan pasta kelapa.

Feijoada - Hidangan umum bekas jajahan Portugis, dibuat dengan daging babi, kacang cannellini, dan chorizo.

Ikan Sabuko - Makarel Spanyol dalam rendaman asam jawa dengan kemangi dan cabai.

Katupa - Nasi dengan santan.

Tapai - Sedikit alkohol dibuat dengan beras fermentasi (resep di sini )

Tukir - Daging yang diasinkan (biasanya rusa atau kerbau) dipanggang perlahan di seluruh bagian bambu besar di atas arang. **