Helo Timor Leste

10 Habitat Mangrove Terbesar di Dunia, Salah Satunya Ada di Surabaya untuk Wisata

Ugu - Ragam
Rabu, 31 Jan 2024 09:26
    Bagikan  
Hutan mangrove
Istimewa

Hutan mangrove - Hutan Mangrove Sundarbans terbesar di dunia

HELOINDONESIA.COM -

Hutan bakau adalah ekosistem yang unik dan penting yang terbentuk dari tumbuhan yang tumbuh di daerah pasang surut. Hutan bakau memiliki banyak manfaat, seperti melindungi pantai dari erosi, menyerap karbon, menyediakan habitat bagi berbagai spesies, dan mendukung kehidupan masyarakat pesisir.

Dalam artikel ini, kita akan membahas sepuluh hutan bakau terbesar di dunia, dengan masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

1. Taman Nasional Sundarbans di Bangladesh

Merupakan hutan bakau terluas di dunia, seluas sekitar 10.000 kilometer persegi. Taman ini adalah rumah bagi harimau Bengal, buaya, lumba-lumba, dan banyak spesies lainnya.

Situs ini mendukung keanekaragaman hayati yang luar biasa di habitat darat, perairan, dan laut; mulai dari mikro hingga makro flora dan fauna, seperti ratusan jenis burung.

undefined

Sundarbans mempunyai kepentingan universal bagi spesies yang terancam punah secara global termasuk Harimau Benggala Kerajaan, lumba-lumba Gangga dan Irawadi, buaya muara, dan terrapin sungai endemik (Batagur baska) yang sangat terancam punah. Ini adalah satu-satunya habitat bakau di dunia untuk spesies Panthera tigris tigris.

2. Hutan Mangrove Pichavaram

Hutan bakau terbesar kedua di dunia, seluas sekitar 1.100 km2 dan terletak di negara bagian Tamil Nadu di India. Ini adalah hotspot keanekaragaman hayati dan tujuan wisata populer.

3. Bakau Florida di Amerika

Hutan bakau terbesar ketiga di dunia, seluas sekitar 1.000 km2 dan terletak di sepanjang pantai Florida di Amerika Serikat. Hutan bakau ini terdiri dari tiga spesies: merah, hitam, dan putih. Hutan memberikan jasa ekosistem yang penting seperti perlindungan terhadap badai, peningkatan kualitas air, dan habitat satwa liar.

4. Bakau Bahia di Brasil

Hutan bakau terbesar keempat di dunia, seluas sekitar 900 km2 dan terletak di negara bagian Bahia di Brasil. Kawasan ini merupakan bagian dari bioma Hutan Atlantik dan menjadi rumah bagi keanekaragaman flora dan fauna yang kaya, termasuk tamarin singa emas dan manatee.

5. Mangrove Godavari-Krishna di India

Hutan bakau terbesar kelima di dunia, seluas sekitar 800 km2 dan terletak di negara bagian Andhra Pradesh dan Odisha di India. Daerah ini terbentuk oleh delta sungai Godavari dan Krishna serta menjadi tempat hidup berbagai kehidupan laut dan darat, termasuk penyu belimbing zaitun dan kucing pemancing.

6. Cagar Biosfer Bakau Cần Giờ di Vietnam.

Merupakan blok hutan bakau terbesar di wilayah Mekong Besar, dengan luas sekitar 750 kilometer persegi. Cagar alam ini dialiri oleh sungai Saigon dan Đồng Nai dan merupakan rumah bagi beragam flora dan fauna, seperti buaya air asin, pelikan berparuh bintik, dan ular kobra

undefined

7. Mangrove Teluk Panama

Hutan bakau terbesar keenam di dunia, seluas sekitar 700 km2 dan terletak di sepanjang pantai Teluk Panama. Hutan bakau ini terdiri dari empat spesies: merah, hitam, putih, dan kayu kancing. Daerah ini merupakan tempat berkembang biak yang penting bagi banyak spesies ikan dan krustasea, serta tempat mencari makan dan bersarang bagi burung-burung yang bermigrasi.

8. Mangrove Laut Arab-Delta Indus di Pakistan

Hutan bakau dengan luas sekitar 600 km2 dan terletak di delta Sungai Indus di Pakistan. Wilayah ini didominasi oleh satu spesies bakau: Avicennia marina. Kawasan ini merupakan rumah bagi banyak spesies yang terancam punah dan endemik, seperti lumba-lumba Indus, penyu hijau, dan peluit bakau.

9. Bakhawan Eco-Park di Filipina

Yakni proyek reboisasi mangrove seluas 220 hektar yang bertujuan untuk melindungi wilayah pesisir dari erosi dan memberikan penghidupan bagi masyarakat setempat. Taman ini memiliki jalan bambu sepanjang 1,3 kilometer yang memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan indah hutan bakau.

10. Kebun Raya Mangrove (KRM) di Indonesia

Surabaya yang menjadi tujuan wisata ini, dengan luas 31,5 hektar menawarkan panorama nuansa hijau yang menjadi oase bagi Surabaya, yang selama ini dikenal sebagai kota perdagangan dan jasa.

undefined

Kebun raya tersebut juga menjadi kebun raya mangrove dengannkoleksi setidaknya 59 jenis mangrove, merupakan koleksi terbanyak di Asia Tenggara, seperti bruguiera parviflora, bruguiera gymnorhiza, ceriops tagal, avicennia marina, heritiera littoralis, kandelia candel, dan lainnya di kebun raya itu. Saat ini, terdapat setidaknya 157 jenis mangrove yang ada di dunia.